Home » » Sejumlah kandidat gagal jadi Caleg gara gara 'Makan siang'

Sejumlah kandidat gagal jadi Caleg gara gara 'Makan siang'

Written By admin on Wednesday, March 3, 2010 | 2:07 PM

Perdana Menteri Italia, Silvio Berlusconi, marah besar. Dia murka setelah tahu bahwa sejumlah kandidat dari partainya gagal menjadi calon anggota legislatif (caleg) hanya gara-gara "makan siang."

Menurut laman harian The Telegraph, kelalaian itu berlangsung akhir pekan lalu jelang pemilihan umum tingkat daerah di Italia. Partai Kebebasan Rakyat (PDL) yang mendukung Berlusconi sebenarnya telah memiliki sejumlah nama untuk menjadi caleg Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di wilayah pemilihan Lazio, termasuk di Ibukota Roma.

Pengurus partai sudah mengutus seseorang bernama Alfredo Milioni untuk mendaftarkan para kader mereka di kantor pemilu setempat. Menurut aturan, para caleg sudah harus terdaftar di kantor pemilu selambat-lambatnya Sabtu, 27 Februari 2010, pukul 12 siang.

Sebenarnya, Milioni sudah ikut mengantri untuk mendaftar para caleg dari PDL. Namun, karena mengaku lapar, kurir itu akhirnya nekad meninggalkan antrian pada pukul 11.30 demi mencari makan siang. Lagipula, masih ada setengah jam lagi dari tenggat waktu jadi masih sempat membeli roti sandwich, mungkin begitu pikir Milioni.

Namun, mendapatkan makan siang ternyata butuh waktu lebih dari setengah jam. Milioni pun kembali ke kantor pemilu saat waktu sudah menunjukkan pukul 12.15.

Artinya, tenggat waktu sudah lewat. Maka, PDL tidak bisa mendaftar semua caleg untuk wilayah pemilihan Lazio.

Pengurus partai minta agar panitia pemilu memberi keringanan, karena hanya terlambat 15 menit dari tenggat waktu. Namun, pengadilan Minggu kemarin menolak permohonan itu karena aturan harus tetap ditegakkan.

Wajar bila Berlusconi sangat marah mendengar berita konyol itu. Masalahnya, dengan gugurnya semua caleg dari PDL yang konservatif, maka para caleg dari kubu tengah-kiri yang beroposisi berpeluang sangat besar untuk memenangkan pemilu daerah.

Dengan demikian, kekuatan politik kubu konservatif pimpinan Berlusconi pun melemah. Sementara itu, tidak dijelaskan apakah Milioni terkena sanksi dari partainya atas kelalaian yang dia lakukan.[Vivanews]
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BERITA -BERITA PILIHAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger