Home » » Inilah Skor Pandangan Akhir Fraksi pada rapat Paripurna DPR

Inilah Skor Pandangan Akhir Fraksi pada rapat Paripurna DPR

Written By admin on Wednesday, March 3, 2010 | 1:51 PM


Sembilan fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat telah membacakan pandangan akhir mengenai kasus Bank Century. Muncul tiga kubu: pendukung Opsi A, pendukung Opsi C dan kubu belum bersikap.

Kubu pertama adalah pendukung Opsi A, pendukung kebijakan bail out Bank Century meski implementasinya diduga melanggar peraturan perundang-undangan. Kubu ini didukung Partai Demokrat dan Partai Kebangkitan Bangsa.

Kubu kedua adalah pendukung Opsi C atau disebut juga Opsi B dalam rapat paripurna kemarin. Opsi ini menilai kebijakan bail out itu sendiri bermasalah dan implementasinya juga bermasalah. Opsi ini didukung secara terbuka oleh Partai Golkar, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Gerakan Indonesia Raya, dan Partai Hati Nurani Rakyat.

Sementara itu, dua partai yakni Partai Persatuan Pembangunan dan Partai Amanat Nasional belum bersikap. PPP masih mengharapkan ada titik temu antara kedua opsi. Masing-masing Opsi itu, kata PPP, memiliki kebenaran masing-masing.

"Kami masih berharap adanya penyatuan pendapat, sehingga integritas dewan dapat terjaga. Kami menyerukan kepada seluruh warga bangsa, untuk mengakhiri polemik," kata juru bicara PPP, Hasrul Azwar.

Jika dihitung berdasarkan kursi, saat ini posisi lima fraksi pendukung Opsi C adalah yang terkuat. Kubu ini memiliki 53,55 persen kursi di parlemen atau setara 300 kursi.

Sementara kubu pendukung Opsi A hanya memiliki 31,42 persen atau setara 176 kursi. Kalau pun PAN dan PPP berpindah mendukung Opsi A, ini pun tak cukup membuat kubu ini menjadi mayoritas.

Dengan demikian, kemungkinan besar Demokrat dan PKB akan mendorong upaya ke arah voting tertutup untuk bisa mendapatkan dukungan secara personal dari anggota DPR.[Vivanews]
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BERITA -BERITA PILIHAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger