Home » » Indonesia berduka :Gus Dur meninggal saat dijenguk SBY

Indonesia berduka :Gus Dur meninggal saat dijenguk SBY

Written By admin on Thursday, December 31, 2009 | 9:22 AM


Mantan Presiden Abdurrahman Wahid meninggal dunia. Gus Dur meninggal dunia di depan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Meninggal dunia saat dijenguk Presiden SBY," kata Sekretaris Pribadi Gus Dur, Sulaiman, saat dihubungi VIVAnews, Rabu 30 Desember 2009.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tiba di RSCM sekitar pukul 18.00 WIB. Setelah sekitar satu jam berada di dalam ruangan tempat Gus Dur dirawat, SBY keluar. Tidak ada komentar dari Presiden saat keluar dari ruangan.

Informasi Gus Dur telah meninggal justru datang dari asisten pribadinya, Sulaiman. Menurutnya, Gus Dur telah wafat pukul 18.45 WIB.

Sebelumnya Gus Dur dirawat di RSCM sejak Sabtu pekan lalu. Gus Dur sempat dirawat di Jombang dan meninggal dunia di RS Cipto Mangunkusumo.

Sebelum menghembuskan nafas terakhir, pukul 18.45 WIB (sebelumnya disebutkan 18.40 WIB), kesehatan mantan Presiden Abdurrahman Wahid merosot pada pukul 11.00 WIB.
Detik-detik Meninggalnya Gus Dur

Dokter Aris Wibudi dari Tim Dokter Kepresidenan kepada wartawan di RSCM, Rabu 30 Desember 2009 menuturkan kronologi detik-detik terakhir wafatnya Gus Dur.

Sabtu 26 Desember 2009
- Kesehatan menurun, namun kondisinya sempat membaik

Rabu 30 Desember 2009
- Pukul 11.00 WIB, kondisinya memburuk akibat komplikasi penyakit diabetes dan ginjal. Setelah dilakukan pengobatan intensif, kondisinya tetap memburuk.
- Pukul 18.15 WIB, Gus Dur kritis
- Pukul 18.45 WIB, Gus Dur dinyatakan wafat

Keluarga dan Bangsa Kehilangan Gus Dur

Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, menyampaikan duka yang mendalam atas wafatnya mantan Presiden Abdurrahman Wahid. Menurutnya, seluruh elemen bangsa akan kehilangan Gus Dur.

"Kehilangan bukan hanya keluarga Gus Dur, tapi juga bangsa dan negara," kata Mahfud saat dihubungi wartawan, Rabu 30 Desember 2009. "Saya segera ke sana," kata Mahfud begitu mendengar kabar meninggalnya Gus Dur.

Menurut Mahfud, Gus Dur, adalah seorang tokoh yang memiliki sumbangsih besar bagi perdamaian umat beragama. "Terlepas dari kekurangan dia," ujar mantan politisi PKB itu. Dia menambahkan negara dan bangsa ini harus berbela sungkawa.

"Dia kan mantan presiden," kata Mahfud. Namun Mahfud menolak menjawab saat ditanya soal kenangan khususnya bersama Gus Dur. "Belum saatnya."

Abdurrahman Wahid meninggal setelah dirawat selama lima hari di Rumah Sakit Cipto Mangun Kusumo (RSCM). Gus Dur meninggal pukul 18.40, ketika Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjenguknya. Sebelum dibawa ke RSCM, Gus Dur sempat dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah Jombang karena kelelahan saat ziarah ke makam ayahnya di Jombang, Jawa Timur.[vivaews.com]
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BERITA -BERITA PILIHAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger