Home » » Ketua Adat berniat kembalikan Piala Kalpataru ke SBY karena Kecewa..

Ketua Adat berniat kembalikan Piala Kalpataru ke SBY karena Kecewa..

Written By admin on Saturday, February 6, 2010 | 10:02 AM

Kalpataru yang merupakan penghargaan tertinggi untuk penggiat lingkungan hidup dikembalikan Suku Talang Mamak kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Pasalnya, Patih Laman yang merupakan ketua adat suku pedalaman asli Riau kecawa karena hutan adat habis dibabat dan dijadikan perkebunan kelapa sawit. Kalpataru dia dapatkan saat pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri.


Berangkat dari Desa Sungai Ekok, Kecamatan Rakit Kulim, Kabupaten Indragiru Hulu, pria yang telah berusia 90 tahun itu singgah ke Pekanbaru untuk segera memulangkan piala yang didapatnya sejak 2003. Kalpataru itu akan diserahkan kepada Presiden.


Dia mengisahkan, kondisi hutan adat tempat bermukim Suku Talang Mamak atau juga Suku Melayu Tua ini sangat memprihatinkan. Sekira 2 ribu hekter hutan adat, kata lelaki berambut putih ini, hampir semua dirusak dan berubah fungsi menjadi sawit.


Kasawan hutan adat suku Talang Mamak yang berada di dalam Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT) Riau dan Jambi 1.800 hektar di antaranya terdapat di Penyabungan dan 150 hektar di Hutan Durian Cacar.


“Untuk apa saya pegang piala ini kalau hutan adat yang menjadi sumber penghidupan suku kami terus dibabat tanpa ada perlindungan dari pemerintah. Padahal hutan adat kami telah ditetapkan menjadi kawasan yang dilindungi,” keluh Patih Laman, Jumat (5/2/2010).


Perusakan hutan adat sudah terjadi sejak 2008. Upaya telah dilakukan dengan mendatangi pemerintah daerah pun tidak ada hasilnya. Patih juga mengaku kesulitan menemui Gubernur Riau, karena karena sering keluar kota.


“Suku kami kini sudah banyak diracuni dengan iming-iming uang asal mau menjual hutan adat yang sudah kami jaga generasi ke genarasi. Suku kami memang terbelakang. Banyak sekali yang tidak baca dan tulis jadi bisa dibodohi,” tutur pria yang rambutnya dipenuhi uban ini.


Meski dalam kondisi sakit-sakitan pun dia bertekat mengembalikan piala Kalpataru ke SBY yang dianggap tidak peduli dengan keadaan suku.
(ton/okezone)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BERITA -BERITA PILIHAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger