Home » » Chile diterjang Tsunami dan Pantai Asia juga terancam Tsunami

Chile diterjang Tsunami dan Pantai Asia juga terancam Tsunami

Written By admin on Sunday, February 28, 2010 | 12:00 AM


Gelombang besar tsunami akhirnya menerjang Chili. Gelombang setinggi 2,3 meter itu menghantam kota pesisir Talcahuano.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (27/2/2010), Talcahuano adalah satu di antara 11 kota pesisir yang diterjang gelombang tsunami. Tsunami tersebut dipicu oleh gempa 8,8 SR. Sedikitnya 78 orang tewas akibat gempa dahsyat tersebut.

Gempa itu tepatnya berpusat di 90 km Timurlaut Concepcion, Chili dengan kedalaman 55 km. Skala gempa dilaporkan antara 8,3 SR dan 8,5 SR, sebelum kemudian ditegaskan USGS sebesar 8,8 SR

Pantai Asia Terancam Tsunami

Ada prediksi, sekitar 24 jam setelah gempa di Chili bisa menimbulkan gelombang tsunami di garis pantai Asia, terutama Jepang dan sekitarnya.

Seperti dilansir The Washington Post, Sabtu 27 Februari 2010, pejabat di Jepang dan Australia mengeluarkan peringatan dini ancaman tsunami.
Ancaman itu diprediksi akan terjadi hingga setelah 24 jam gempa dahsyat mengguncang barat daya Ibu Kota Chile, Santiago. Pacific Tsunami Warning Center yang berdomisili di Hawaii sudah mengeluarkan peringatan ancaman kemungkinan tsunami di wilayah itu.

Ancaman bencana tsunami akibat gempa dahsyat itu bisa secara luas mengancam garis pantai Asia. "Pejabat terkait harus segera mengambil tindakan tepat terkait ancaman ini," tulis Pacific Warning Center di Hawaii.

Kendati demikian, gelombang awal yang kemungkinan terjadi belum tentu merupakan yang terbesar dan tertinggi dari tsunami. Hal itu masih sulit diprediksi karena ancaman itu tergantung dari karakteristik topografi masing-masing garis pantai.

Gempa di Chili pada 1960 pernah mengakibatkan gelombang tsunami. Saat itu, gempa yang mengguncang Chili mencapai 9,5 skala richter.
Itu merupakan terkuat yang pernah tercatat. Sedikitnya akibat gempa itu 140 orang dilaporkan tewas di Jepang, 61 di Hawai dan 32 di Filipina.

Menurut Badan Meteorologi dan Geofisika Jepang, gelombang tsunami yang tercipta saat itu mencapai ketinggian sekitar 1-4 meter.

Gempa berkekuatan 8,8 skala richter (SR) mengguncang Chili sekitar pukul 13.34 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), gempa berpusat di 35,826 lintang selatan dan 72,669 bujur barat, atau 317 km barat daya Ibukota Chili, Santiago. Gempa ini di kedalaman 59,4 kilometer di lepas pantai Maule, Chili.

Gempa ini diduga berakibat parah di Kota Concepcion, kota kedua terbesar di Chili. Concepcion hanya berjarak 115 kilometer dari pusat gempa di kedalaman 59 kilometer.

Pacific Tsunami Warning Center mengeluarkan rilis "sebuah peringatan tsunami untuk Chili dan Peru." Selain itu, tsunami juga diperkirakan bisa melanda Ekuador.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BERITA -BERITA PILIHAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger