Home » » Chile diguncang Gempa 8,8 SR lebih dasyat dari Gempa Haiti

Chile diguncang Gempa 8,8 SR lebih dasyat dari Gempa Haiti

Written By admin on Saturday, February 27, 2010 | 11:52 PM

Gempa besar berkekuatan 8,8 pada skala Ritcher mengguncang Chile, Sabtu. Selain merobohkan ratusan bangunan, gempa ini juga memicu terjadinya tsunami. Presiden Michelle Bachelet saat dikonfirmasi Reuters mengatakan sudah 78 orang tewas dan kemungkinan akan terus bertambah mengingat gempa terjadi pada saat banyak warga terlelap. “Jumlah korban meninggal kemungkinan ratusan orang.”

Telepon dan listrik mati. “Tak pernah dalam hidupku aku mengalami gempa seperti ini, ini seperti akhir dunia,” seorang pria kepada televisi lokal dari kota Temuco, di mana bangunan yang rusak akibat gempa cukup banyak. Satu-satunya rumah sakit di kota itu turut hancur dan pasien yang tengah dirawat segera dievakuasi.

US Geological Survey mengatakan gempa terjadi 56 mil sebelah timur laut kota Concepcion pada kedalaman 22 mil. Gempa terjadi pada pukul 03.34.

Stasiun televisi dan radio lokal mengatakan banyak bangunan runtuh di kota Curico. Termasuk bangunan yang runtuh adalah situs-situs bersejarah di ibu kota Santiago, sekitar 200 kilometer sebelah utara pusat gempa.

Bandara internasional terpaksa menutup, sebuah jembatan jalan raya runtuh, dan banyak reruntuhan bangunan menutupi jalan. Sesaat setelah gempa, ribuan orang tumpah ke jalan-jalan ibukota, saling berpelukan dan menangis.

Bachelet melalui siaran televisi menyerukan rakyatnya untuk tetap tenang. “Dengan gempa sebesar ini kita pasti tidak dapat mengesampingkan kemungkinan lebih banyak kematian dan luka-luka,” katanya.

Kecil kemungkinan korban di bawah reruntuhan bangunan bisa diselamatkan. Menurut USGS, gempa bumi berkekuatan 8 atau lebih dapat menyebabkan “kerusakan sangat besar”. Gempa yang melanda ibukota Haiti Port-au-Prince pada 12 Januari dinilai besarnya 7 SR.

Dalam waktu 2,5 jam diikuti 11 gempa susulan

Dalam waktu 2,5 jam setelah gempa berkekuatan 8,8 skala Richter mengguncang Chile, U.S. Geological Survey mencatat ada 11 gempa susulan, lima diantaranya berkekuatan 6,0 SR atau lebih. Gempa utamanya sendiri berlangsung selama 90 detik.

Dalam tayangan televisi Chile, menyusul gempa tersebut, tampak gedung-gedung roboh, mobil-mobil remuk tertimpa bangunan, dan jalanan menjadi retak. Puluhan warga terlihat berhamburan keluar rumah, banyak di antaranya membawa kopor dan tas.

Akibat gempa berkedalaman 35km yang terjadi pada pukul 3.34 waktu setempat atau pukul 13.34 WIB itu, menurut pernyataan terakhir yang dikeluarkan Presiden Chile MicheleBachelet, korban tewas telah menembus angka 78 orang.

Kondisi kerusakan yang parah membuat Presiden Bachelet mengumumkan keadaan bencana di Chile. Meski begitu, ia menghimbau warga agar tidak panik dan menghindari bepergian karena kondisi gelap gulita menyusul padamnya aliran listrik. “Masyarakat diminta tetap tenang. Kami akan melakukan segala hal yang diperlukan dengan segala kekuatan yang kita miliki. Semua informasi yang berkembang akan segera disebarkan,” ujar Bachelet.

Gempa hebat ini berpusat sekitar 325 kilometer baratdaya ibukota Chile, Santiago dan sekitar 115 kilometer dari Concepcion, kota kedua terbesar di Chile.

Gempa itu sangat dahsyat dan berlangsung cukup lama. Marco Vidal, seorang warga yang berada di Santiago mengatakan, “Mulanya benda-benda berjatuhan. Lalu ada gelombang bergerak dari selatan ke utara. Menggoyangkan segalanya.”

Sedangkan Cynthia Iocono, saksi dari Linwood, Pennsylvania, mengira gempa itu adalah kereta yang lewat. “Namun saya sadar, tidak ada kereta di sini. Lalu lampu mulai berjatuhan disusul televisi yang seperti terlempar ke lantai.”

Di Santiago, gedung-gedung modern dibangun dengan teknologi anti gempa. namun banyak bangunan tua yang tak berhasil menahan goncangan, termasuk gereja Nuestra Senora de la Providencia, yang loncengnya jatuh. Banyak bangunan apartemen dan gedung parkir yang ambruk sehingga mobil-mobil di bawahnya remuk.

Sebelumnya sempat ada peringatan tsunami yang disebarkan ke beberapa lokasi. Namun peringatan itu telah dicabut.



[rpk/kmps/muslim menjawab]
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BERITA -BERITA PILIHAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger