Home » » Inilah Tanggapan Penulis buku "membongkar Gurita Cikeas'

Inilah Tanggapan Penulis buku "membongkar Gurita Cikeas'

Written By admin on Saturday, December 26, 2009 | 11:44 PM


Penarikan (pelarangan) buku "Membongkar Gurita Cikeas di Balik Skandal Bank Century" dari peredaran, diprotes oleh penulisnya, Dr. George Junus Aditjondro. Mantan dosen UKSW Salatiga ini, apabila pemerintah tidak senang dengan buku tersebut, mestinya dengan mengcounter atau membuktikan bantahannya melalui buku pula.

Aditjondro menyatakan heran dengan penarikan buku yang d itulisnya tersebut. Buku yang mulai didistribusikan pada Selasa (22/12) lalu itu, ungkap dia, tiba-tiba susah untuk dicari di toko-toko buku. "Saya melakukan launching buku di Yogyakarta pada Rabu (23/12), lalu Kamis (24/12), saya melakukan wawancara dengan MetroTV. Pada saat Natal teman-teman mengaku susah mencari buku saya di toko buku," ungkapnya di Jakarta, Sabtu (26/12).

Menurut George, dari pengakuan manjemen Toko Buku Gramedia seseorang dari kejaksaan melarang peredaran buku tersebut secara serentak. Namun larangan ini tidak disertai surat resmi dari kejaksaan. "Padahal tidak ada larangan resmi. Penerbit Galangress, Yogyakarta, juga tidak menerima surat larangan," tegasnya.

Akibatnya, sekitar 800 eksemplar buku ini tersendat di bagian distribusi. Padahal sebelumnya, buku ini sudah dipasarkan di beberapa Toko Buku Gramedia di seluruh Jakarta dan beberapa kota besar di Jawa. "Semua masih menunggu lampu hijau," bebernya. Sementara itu, sebuah sumber mengungkapkan, peredaran buku tersebut sudah ditarik sendiri oleh penerbitnya karena pihak Gramedia ditekan dan diteror.

Ia mengaku heran atas larangan peredaran ini. Karena dua buku karangannya mengenai korupsi di kepresidenan tidak ada larangan. Buku pertama diterbitkan pada akhir 1998 berjudul Guru Kencing Berdiri Murid Kencing Berlari. Buku ini mengulas tentang peranan yayasan di masa Soeharto dan Habibie untuk menyediakan dana bagi kepentingan politik mereka.

Buku kedua, Korupsi Kepresidenan, Reproduksi Oligarki Korupsi Berkaki diterbitkan pada 2006. Buku ini mengulas tentang pola-pola korupsi kepresidenan melalui lembaga istana presiden dan keluarganya, partai politik pemerintah, dan militer.

Buku Membongkar Gurita Cikeas di Balik Skandal Bank Century sendiri merupakan kelanjutan dari dua buku tersebut. Ia mengaku, tanpa menulis dua buku sebelumnya, maka penulisan buku ini tidak dapat dilakukan. "Pola-pola korupsi yang dilakukan sama, sehingga saya dapat membangun analisa," paparnya.

Secara terpisah, pengamat Universitas Nasional (Unas) Jakarta, Tubagus Januar Soemawinata mengingatkan, apabila isi buku ‘Membongkar Gurita Cikeas’ yangd itulis Aditjondro bena faktanya, maka nanti akan bisa ‘menggulingkan’ Presiden SBY meskipun ditutup-tutupi serapat apapun.

“Sebab, ada pepatah bahwa sepandai-pandai siapa pun menyembunyikan bagkai, akan tercium juga. Jadi, lebih baik akui bahwa diri kita banyak kelemahan dan kesalahan. Karena tidak ada manusia yang sempurna penuh dengan kebenaran tanpa ada sedikit pun kebodohan,” tutur mantan aktivis dan pakar paranormal asal Banten ini.

Januar menegaskan, tidak ada manusia mana pun yang pintar dan mampu menyimpan bangkai tanpa tercium baunya oleh orang lain. “Untuk itu pula, kita sebagai manusia lemah takutlah kepada azab Allah yang juga cepat atau lambat akan segera datang sebagai peringatan kita yang penuh kesombongan dan ketakaburan,” tutur pengamat Unas.

Ia pun mengingatkan, apabila ada pemimpin yang suka memfitnah, maka cepat atau lembat akan datang balasannya. “Ibarat pepatah, siapa menabur benih, maka dia akan menikmati panennya. Jadi, tdiak salah kalau perjalanan ini kita sebut sebagai program kerja 100 hari konflik Kabinet Indonesia Beradu jilid II,” imbuhnya.

Maka dari itu, lanjut dia, belajarlah dari pengalaman bahwa semua langkah kita ada yang menilai perbuatan kita dan ada yang melihatnya. “Jangan seolah-olah hanya kita yang hidup di negara ini yang paling pintar, kuat dan banyak mengetahui segala persoalan,” seru Januar. (*/MI/KSN/jakartapress)

berita terkait :


Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BERITA -BERITA PILIHAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger