Home » » Inilah Intruksi Presiden SBY kepada Polri dan Perwira Polri

Inilah Intruksi Presiden SBY kepada Polri dan Perwira Polri

Written By admin on Monday, February 8, 2010 | 1:33 PM


Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan tiga instruksi kepada Kepolisian Republik Indonesia (Polri), tujuannya supaya dapat menjalankan tugasnya dengan baik.
Instruksi yang dimaksud adalah :


  1. Polri terus melakukan konsolidasi, reformasi, dan peningkatan kinerja.
  2. Jalankan tugas secara profesional sesuai dengan undang-undang yang berlaku.
  3. Meningkatkan Kamtibnas.

Menurut SBY, keamanan dan keteriban masyarat tetap penting dan relevan. "Dengarkan apa yang disukai dan keingingan rakyat di seluruh Indonesia.

Tegakkan hukum dan perangi kejahatan seperti teroris, korupsi, utang negara, kejahatan pajak, dan lain-lain tidak boleh dibiarkan," tutur Presiden SBY, saat memberikan sambutan rapat pimpinan Polri, di Mabes Polri, Jakarta, Senin (8/2/2010).

Selain itu, kata Presiden, Polri harus melindungi dan mengayomi masyarakat, menjaga norma etika dan perilaku sosok yang profesional. Hal itu merupakan ajakan, harapan, dan instruksi Presiden SBY untuk tetap menjalankan tugas Polri dengan baik.

Usai membacakan instruski ini, SBY langsung memukul gong sebagai tanda dibukanya rapat pimpinan Polri

Intruksi Presiden SBY kepada Para Perwira Polri

Perwira Polri harus menjaga norma, etika, dan perilaku yang menunjukkan sebagai sosok yang profesional. Perwira Polri harus memberi dan menjadi contoh bagi bawahannya.

Demikian salah satu instruksi yang diberikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam pembukaan rapat pimpinan Polri di Ruang Rapat Utama Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta, Senin (8/2/2010).

“Anggota akan bingung manakala tidak mendapat contoh yang semestinya,” ujar SBY sembari menambahkan polisi terikat oleh etika profesi seperti halnya pengacara, dokter, dan perwira TNI. “Masyarakat pun akan menggunjing kalau ada perilaku yang aneh-aneh,” imbuhnya.

Selain itu, presiden memerintahkan agar Polri terus melakukan konsolodasi dan peningkatan kinerja. SBY menegaskan, dirinya mengetahui Polri telah berupaya meningkatkatkan kinerjanya. “Tetapi ingat bahwa meningkatkan kinerja ini harus dimaknai sebagian never ending goals. Tidak akan pernah berakhir,” ujarnya.

Ditambahkan presiden, Polri juga harus menjalankan tugas secara profesional sesuai dengan Undang-Undang Dasar 1945, undang-undang dan peraturan yang berlaku. “Jika ada konflik, sekali lagi kembalikan pada garis konstitusi, undang-undang dan peraturan yang berlaku,” katanya.

Tak kalah pentingnya, SBY menekankan pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibnas). Keamanan, kata SBY, sangat disukai masyarakat karena akan membuat mereka tenang bekerja. Demikian juga stabilitas keamanan yang dibutuhkan oleh tiap negara guna pembangunan ekonomi.

Selanjutnya, Polri diminta terus menegakkan hukum dan memerangi kejahatan terutama kejahatan jalanan dan kejahatan transnasional seperti penyelundupan narkotik, terorisme, sidndikat pencurian aset negara dan penyelundupan manusia. "Jangan lupa korupsi, kejahatan pajak, pengemplang utang yang ditanggung oleh rakyat,"jelasnya.

Terakhir, Polri harus meningkatkan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat. "Pelayanan harus benar-benar makin baik,makin cepat, makin mudah, makin murah. Better, faster, easier dan cheaper," katanya.

Tak lupa SBY, mengucapkan terimakasih kepada anggota polri dan keluarganya atas jasa dan pengabdian mereka kepada masyarakat, bangsa dan negara.[okezone]
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BERITA -BERITA PILIHAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger