Home » » Roket Uji coba Pindad diduga jatuh di Pemukiman warga

Roket Uji coba Pindad diduga jatuh di Pemukiman warga

Written By admin on Wednesday, January 27, 2010 | 2:52 PM

Sebuah roket uji coba PT Pindad yang diluncurkan di daerah Desa Pandanwangi, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur yang diduga jatuh di pemukiman warga, akibat meleset dari sasaran.

Selongsong roket RX 1210 kaliber 122 milimeter itu jatuh di petak 37, tepatnya di tambak warga milik Gunawan. Kepala Bagian Humas Kemenristek, Wawan menyatakan, belum mendapat laporan pasti peristiwa tersebut, tetapi memang sedang dilakukan penyelidikan ke lokasi.

"Mereka memang sedang lakukan uji coba, soal laporan adanya kesalahan kami belum terima," ujar Wawan kepada VIVAnews, Rabu 27 Januari 2010.

Meski demikian, dia membantah kalo dikatakan roket PT Pindad yang terjatuh di areal tambak warga karena kelebihan beban, itu tidak benar. Kalau alasannya cuaca sangat mungkin.

"Roket kita itu sudah di uji coba selama setahun, jadi kecil kemungkinan jatuh karena alasan keberatan beban apalagi salah perhitungan, kalau karena cuaca yang tidak mendukung itu bisa saja terjadi," tuturnya.

Selain itu, rencana peluncuran roket itu sudah diperhitungkan matang-matang. "Soal masalah jatuh dimana itu karena penyebabnya cuaca, bukan juga karena kesalahan pabrik (Pindad)," ujarnya.

Sementara informasi yang diperoleh dari Kepolisian Resort Lumajang, kalau yang jatuh di tambak warga ini merupakan selongsongnya saja bukan roketnya, dan saat ini sudah diamankan oleh petugas untuk di periksa.

Namun informasi yang beredar, bahwa roket yang diperkirakan jarak luncurnya 10 kilometer, mengalami meleset jarak tempuhnya hingga 13 kilometer.[Vivanews]
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BERITA -BERITA PILIHAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger