Home » » Diserang Roy Suryo dukungan kepada Ruby Z Alamsyah terus mengalir

Diserang Roy Suryo dukungan kepada Ruby Z Alamsyah terus mengalir

Written By admin on Tuesday, January 26, 2010 | 4:28 PM

Langkah Ruby Z Alamsyah, pakar forensik kejahatan teknologi informasi memperagakan cara penjahat melakukan pembobolan ATM di televisi menimbulkan kontroversi. Bahkan, langkah Ruby dikecam oleh pakar "saingan", yakni Roy Suryo yang kini menjadi Wakil Ketua Komisi I DPR.

Melalui Youtube, sejumlah video kontroversi aksi kejahatan pembobolan ATM yang diperagakan Ruby Alamsyah menyebar. Ada beberapa judul video dengan jumlah pembaca yang cukup tinggi. Salah satu di antaranya adalah "Tips Aman Bertransaksi di ATM" yang telah dilihat lebih dari 2000 kali.

Roy Suryo menuding Ruby telah memberikan contoh bagaimana melakukan aksi kejahatan di ATM. Apalagi, apa yang dilakukan Ruby di televisi tidak meminta izin terlebih dahulu kepada bank pemilik ATM.

Kecaman Roy mengundang polemik. Banyak kalangan membela Ruby karena apa yang dilakukannya adalah agar perbankan lebih waspada terhadap aksi kejahatan pembobolan ATM. Dukungan pun merebak, baik di Twitter, Youtube, serta di media-media online.

Kriminolog Universitas Indonesia (UI) Erlangga Masdiana mengapresiasi peragaan yang dilakukan Ruby. Ia menilai, justru polri harus berterimakasih ke Ruby karena telah memberikan pendidikan ke masyarakat agar lebih berhati-hati dalam menggunakan ATM. Menurutnya, peragaan tersebut juga dapat membuat pihak bank lebih menjaga keamanan sistem ATM agar tidak mudah dibobol.[tvone]

YLKI tolak argumentasi Roy Suryo dukung Ruby Alamsyah

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menilai penjelasan ahli forensik IT Ruby Alamsyah mengenai pembobolan rekening diperlukan. Hal itu bagian dari edukasi ke publik agar masyarakat lebih berhati-hati bertransaksi lewat ATM.

"Kalau saya lihat, itu baik dilakukan untuk edukasi, agar masyarakat mendapatkan informasi dan tidak menjadi korban," terang Kepala Divisi Pengaduan dan Hukum YLKI Sularsi melalui telepon, Senin (25/1/2010).

Bahkan, semestinya yang mempunyai kewajiban untuk menerangkan mengenai skimmer dan kehati-hatian di ATM itu yang memiliki layanan produk.

"Semestinya bank yang mengingatkan. Ini sangat penting, bagaimana harus melihat kanan kiri, mengecek mesin ATM, melihat sekeliling ATM," jelasnya.

Selain bank, polisi juga harus membuka kepada publik bagaimana modus operandi para pelaku dan perkembangan kasus tersebut. Agar masyarakat bisa belajar.

"Polisi harus menginformasikan kepada publik secara transparan," imbuhnya.

Bagaimana dengan pendapat Roy Suryo yang menyerang praktek yang dilakukan Ruby di televisi saat memperlihatkan praktek penggunaan kartu bodong?

"Itu suatu informasi jangan sampai masyarakat menjadi korban. Tidak semua nasabah dan konsumen punya akses informasi yang cukup. Yang penting edukasi dalam bentuk apapun asal sampai kepada masyarakat," tutupnya.

Sebelumnya Roy Suryo mengaku telah mengirimkan SMS kepada sejumlah pihak yang mempertanyakan tindakan Ruby Alamsyah memeragakan penggunaan ATM bodong di televisi. Roy beranggapan semestinya Ruby tidak mempraktekkan cara penggunaan ATM bodong karena bisa dicontoh orang yang ingin berbuat jahat.[detik]


Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BERITA -BERITA PILIHAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger