Home » » Mengapa Pulau Terluar di Nias Dikuasai Asing?

Mengapa Pulau Terluar di Nias Dikuasai Asing?

Written By admin on Monday, December 14, 2009 | 12:08 PM

Pulau-pulau terluar yang ada di Nias, Sumatera Utara kini banyak dikuasai orang-orang asing. Minimnya pengawasan pemerintah setempat menjadi penyebab utama, mengapa demikian.

Penanggung jawab anjungan Kabupaten Nias, Julius Nduru di Pekan Raya Sumatera Utara di Medan, mengatakan banyak pulau tersebut rata-rata tak terurus oleh pemerintah setempat sehingga warga negara asing datang ke pulau-pulau yang rata-rata memiliki potensi dan daya tarik keindahan luar biasa.

"Beberapa pulau-pulau terluar di Kepulauan Nias diduga sudah dikuasai oleh orang asing dan pulau-pulau tersebut untuk kepentingan pariwisata karena daya tarik keindahan pantai dan potensi gelombang laut untuk berselancar," kata Julius Nduru.

Menurutnya, Pulau Nias dikenal sebagai salah satu kawasan berselancar yang sering dijajal oleh atlet-atlet kelas dunia dan menjadi surga olahraga selancar.

"Jadi tidak usah heran kalau wisatawan asing datang beramai-ramai mengunjungi pulau ini untuk menghabiskan waktunya berselancar dan berliburan," katanya.

Selain itu, jumlah aparat keamanan tidak sebanding dengan banyaknya pulau-pulau terluar di Nias sehingga minimnya pengawasan terhadap pulau tersebut.

"Wajar jika kemudian ada orang asing dengan mudah bisa membeli pulau-pulau tersebut, karena pengawasan kurang. Mereka kemudian bisa membangun vila, resor atau semacamnya," ujar Julius Nduru.[vivanews.com]

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BERITA -BERITA PILIHAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger