Home » » Patung Obama di Taman Menteng Didesak untuk diturunkan

Patung Obama di Taman Menteng Didesak untuk diturunkan

Written By admin on Monday, December 14, 2009 | 12:12 PM


Patung Presiden Amerika Serikat Barack Hussein Obama yang berada di Taman Menteng mulai mendapat kecaman dari masyarakat. Melalu situs jejaring sosial Facebook mereka yang mendukung untuk menurunkan patung Obama telah mencapai 965 orang.

Penggagas grup bernama Heru Nugroho mengatakan, visi dan misi pembangunan patung Barack Obama dianggap tidak jelas dan tidak memiliki manfaat bagi masyarakat.

"Barack Obama memang pernah menjalani masa kecil di sebuah rumah di Menteng, Jakarta Pusat. Tapi dia bukan siapa-siapa bagi sejarah bangsa Indonesia," katanya.

Tidak ada kontribusi yang penting dari Obama untuk bangsa Indonesia. Masih banyak pahlawan bangsa ini yang layak mendapatkan penghargaan, seperti Ali Sadikin dan sejumlah tokoh kebudayaan seperti Benyamin S.

Sementara saat peresmian patung senilai Rp 100 juta pada Kamis 10 Desembar 2009 lalu itu, Walikota Jakarta Pusat, Silviana Murni mengatakan, Obama dapat menjadi inspirasi yang baik bagi pemuda.

Patung Obama ini dibuat berdasarkan foto tokoh itu semasa kecil yang sedang bermain kupu-kupu. Patung ini terbuat dari bahan perunggu dengan tinggi dua meter dan berada di tegah-tangah taman dengan berat 30 kilogram.

Perancangnya adalah Edi Chaniago, seorang seniman patung Ancol.
Pembangunan patung ini sendiri digagas oleh lembaga Friends of Obama.

Obama kecil dalam patung itu terlihat mengunakan sepatu, celana pendek, kaos dan sedang asik bermainan dengan kupu-kupu.

Pada bagian bahan patung tertuliskan "Si kecil bermain bersama ibunya di daerah Menteng ini. Dia tumbuh dewasa dan menjadi Presiden Amerika Serikat ke 44 dan penerima Nobel Perdamaian. -Barack Obama-

Dalam peresmian itu, hadir perwakilan dari Duta Besar Amerika Serikat dan sejumlah tokoh yang menjadi donatur dalam pembuatan patung ini, seperti Mien R Uno, Hasyim Joyo Hadikusumo dan Surya Paloh. Hadir pula ratusan siswa dan guru SDN Menteng 01, Besuki, dan teman-teman semasa kecil Obama. • [VIVAnews]
foto :antara/
Fanny Octavianus
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BERITA -BERITA PILIHAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger