Home » » Hati-Hati, Doktrin Islamophobia Merambah Majalah Anak-Anak.

Hati-Hati, Doktrin Islamophobia Merambah Majalah Anak-Anak.

Written By admin on Saturday, April 11, 2009 | 12:44 AM

Sebuah badan amal yang dibiayai pemerintah menjadi sorotan utama kemarin malam ketika sebuah majalah anak anak yang diterbitkannya beredar dengan cover depan bergambar kartun seorang Kristen Islamophobia yang menunjuk seorang gadis berjilbab sebagai teroris.

Dalam kartun tersebut, terlihat seorang anak laki laki dengan kalung salib yang berkata pada temannya bahwa seorang gadis Muslim berkerudung yang sedang tersenyum di depannya terlihat seperti seorang teroris.

Anak tersebut mendatanginya dan berteriak: ‘Hei, kamu, apa yang kamu sembunyikan di balik kerudungmu?’

Gadis itu menjawab bahwa kain yang dia kenakan tersebut disebut Jilbab dan itu adalah bagian dari ajaran agamanya, ‘sama seperti kalung salib yang kau kenakan’

Gadis tersebut kemudian terlihat sedang membela anak laki laki lainnya, yang sedang dipermainkan, dan terlihat bahwa tingkah lakunya terlihat sangat kontras dengan anak laki laki yang mengenakan kalung salib tersebut.

Kartun tersebut, yang berjudul Teguhlah Pada Apa Yang Kau Yakini, muncul dalam edisi terbaru Klic!, sebuah majalah triwulanan untuk anak berusia delapan hingga dua belas tahun.

Diterbitkan oleh ‘Who Cares? Trust’, badan amal tersebut berdiri pada tahun 1992, dengan deskripsi ‘majalah terbaik untuk anak anak’ tercetak pada sampulnya dan didistribusikan secara luas oleh dewan kota.

Badan amal tersebut menerima £100.000 dari Departemen Anak, Sekolah dan Keluarga, dipimpin oleh Ed Balls, pada 2007 dan 2008, dan menerima £80.000 tahun ini.

Meskipun kartun tersebut tidak secara gamblang merujuk kepada agama yang dianut anak laki laki tersebut, kartun tersebut telah membuat berang kelompok Kristen yang khawatir bahwa kartun tersebut akan mengirimkan pesan yang salah.

Mike Judge dari Institut Kristen,berkata, "Bagaimana dengan anak Kristen dalam masa asuhan yang membaca majalah ini? Bagaimana perasaan mereka dapat ketika dipandang sebagai Islamophobia yang berpikiran sempit?’

"Karikatur ini sangatlah ceroboh, gejala dari budaya sakit yang berpendapat bahwa memperolok atas nama keberagaman adalah hal yang wajar."

Philip Hollobone, Anggota Parlemen Kettering menyatakan, "Sangatlah disayangkan ketika anak yang menunjuk ke gadis berkerudung itu mengenakan salib".

"Anda pasti sangat sulit membayangkan jika peran dalam kartun tersebut dibalik bahwa gadis tersebut yang menunjuk ke orang lain."

Gary Streeter, Anggota Parlemen South West Devon, menyatakan bahwa parodi religius tersebut ‘tidak dapat diterima’, menambahkan, "Jika majalah tersebut dibiayai dengan menggunakan uang publik, penyelidikan lebih lanjut harus dilakukan dan majalah tersebut harus ditarik dari peredaran."

Namun kepala eksekutif Who Cares?Trust Natasha Finlayson menyatakan bahwa mereka tidak berniat menarik majalah tersebut karena ‘salib’ yang dimaksud hanyalah perhiasan ‘bling - bling’ milik rapper semata, dan tidak merujuk pada agama tertentu.

Dia menyatakan bahwa badan amal tersebut memang menerima beberapa komplain, namun mereka tetap menolak jika kartun tersebut dikatakan menghina Kristen.

"Saya sendiri juga seorang Kristen, jadi ketika seorang wanita menelpon kami, Saya berusaha membaca kembali komik tersebut dengan sudut pandangnya," Finlayson berkata.

‘Kami minta maaf karena dia tersinggung, namun saya tidak memiliki pandangan yang sama sepertinya. Ketika saya melihat kartun tersebut, saya tidak memikirkan bahwa karakter anak laki laki tersebut sebagai seorang Kristen karena saya melihat kalung tersebut hanya sebagai perhiasan biasa."

"Bagi saya kartun ini hanya sekedar bercerita cerita tentang seseorang yang memperolok orang lain dan bukannya diskriminasi agama."

Namun siapapun yang melihat dua orang dengan identitas agama yang berbeda melakukan penghujatan pastilah berpikir masalah yang tengah terjadi merupakan masalah agama.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BERITA -BERITA PILIHAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger