Home » » Wouw... India Luncurkan sejumlah Roket ke Angkasa hanya untuk Amati gerhana Matahari

Wouw... India Luncurkan sejumlah Roket ke Angkasa hanya untuk Amati gerhana Matahari

Written By admin on Friday, January 15, 2010 | 2:09 PM

Gerhana matahari akan terjadi hari ini, Jumat 15 Januari 2010. Fenomena ini bisa terlihat di sejumlah belahan bumi.

Bayangan bulan akan menutupi sebagian matahari, sehingga gerhana yang terjadi adalah gerhana matahari cincin. Gerhana diperkirakan terjadi selama 11 menit 8 detik. Menurut ilmuwan NASA, ini durasi yang sangat lama, terlama sepanjang milenium ini. Durasi ini tak akan terulang lagi hingga tahun 3043.

Tak hanya sekedar mengamati terjadinya gerhana dari bumi, India membuat lompatan maju. Mereka meluncurkan sejumlah roket ke angkasa. Roket ini mengamban tugas menyelidiki akibat dari peristiwa langka ini.

Organisasi Luar Angkasa India telah meluncurkan tiga roket, lalu, setidaknya lima roket lainnya akan diluncurkan saat gerhana terjadi. Roket-roket ini akan merekam fase gerhana di bagian tengah dan bawah atmosfer, saat matahari bergerak dari Afrika ke Asia.

"Gerhana matahari akan memotong radiasi matahari. Ini akan mempengaruhi struktur dan dinamika atmosfer," kata juru bicara Organisasi Luar Angkasa India, S Satish kepada CNN, Kamis 14 Januari 2010.

"Gerhana ini unik karena terjadi pada siang hari, saat radiasi matahari maksimal. Gerhana terjadi saat matahari berada di puncaknya (zenith)," lanjut dia.

Ditambahkan Satish, satu lagi roket akan diluncurkan Sabtu 16 Januario 2010 untuk meneliti efek samping dari terjadinya gerhana.

India sedang berambisi melakukan proyek luar angkasa. Pada tahun 2008, India meluncurkan roket tanpa awak pertamanya ke bulan. India bahkan dianggap bersaing dengan China dalam misi luar angkasa, serupa dengan persaingan AS dan Uni Soviet di dekade 1960-an.

Sebagai bentuk komitmen, pemerintah India menggelontorkan dana sebesar US $ 1 miliar untuk misi luar angkasa di tahun 2009. Angka ini melonjak dari anggara. sebelumnya, yakni sekitar US$ 700 juta.[vivanews]
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BERITA -BERITA PILIHAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger