Home » » Inilah Tanggapan Susno Duadji soal anggapan dirinya Mangkir

Inilah Tanggapan Susno Duadji soal anggapan dirinya Mangkir

Written By admin on Friday, January 8, 2010 | 10:55 PM


Komisaris Jenderal Susno Duadji hari ini, Jumat 8 Januari 2010 tidak datang ke kantornya di Markas Besar Kepolisian RI.

"Nggak, nggak kelihatan," kata Kepala Divisi Humas Polri, Inspektur Jenderal Edward Aritonang di Markas Besar Kepolisian, Jalan Trunojoyo, Jakarta, Jumat 8 Januari 2010.

Ditambahkan Edward, tidak ada pemberitahuan dari Susno soal ketidakhadirannya di Mabes Polri.

Apakah tindakan Susno bisa dikatakan sebagai pelanggaran aturan? "Ya, mangkir. Termasuk pelanggaran disiplin. Ke depan tidak boleh terjadi lagi," tambah Edward.

Susno Duadji kembali jadi sorotan pasca kesaksiannya di sidang terdakwa Antasari Azhar dalam kasus pembunuhan Nasrudin Zulkarnaen.

Dalam kesaksiannya, Susno menyebut dua nama yang berperan dalam penyidikan kasus Antasari, yakni mantan Wakabareskrim, Inspektur Jenderal Hadiatmoko dan Kapolri, Jenderal Bambang Hendarso Danuri.

Kapolri menunjuk Hadiatmoko sebagai kepala tim pengawas dan tim menyelidiki motivasi Antasari.

"Dia melaporkan langsung hasil-hasilnya langsung kepada Kapolri," kata Susno dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis 7 Januari 2010

Kesaksian Susno lalu menjadi dasar bagi pengacara Antasari untuk meminta majelis hakim memanggil Kapolri, Jenderal Bambang Hendarso Danuri ke persidangan.

Markas Besar Kepolisian bereaksi keras atas kesaksian Susno. Apalagi Susno datang tak seizin pimpinan Polri.

Diduga buntut dari masalah itu, Susno mengaku tak lagi mendapatkan fasilitas berupa pengawal dan mobil dari Polri.

Tak hanya itu, Susno juga mengaku rumah pribadinya didatangi truk Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri.

Tanggapan Susno Duadji soal Mangkir


Komisaris Jenderal Susno Duadji tidak ingin berpolemik soal mangkir atau tidak dirinya dari pemeriksaan polisi. Susno mempertegas, tidak ada perselisihan dalam institusi Polri.

"Saya tidak menyatakan mangkir atau tidak. Laporan ini kan di atas izin dan buktinya ada," kata Susno Duadji kepada wartawan di Kedoya, Jakarta Barat, Jumat 8 Januari 2010.

Susno tidak ingin menyatakan bahwa Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Edward Aritonang dalam posisi salah atau benar. Tetapi semata-mata tugas Edward Aritonang dalam posisi sebagai juru bicara untuk memberikan keterangan atas nama Polri.

"Saya tidak menyatakan bahwa Pak Edward salah atau saya yang benar. Tidak, wong ini tidak ada perkelahian, tidak ada permusuhan," ujar mantan Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Polri ini.

Menurut Susno, polemik ini jangan lalu dikatakan bahwa telah terjadi perselisihan di dalam institusi Polri. Apalagi, disebut-sebut ada permusuhan antara polisi dengan Susno.

"Jangan dianggap ini permusuhan Pak Susno dengan polisi. Polisi ini koordinasinya bagus sekali, apalagi di bawah kepemipinan Pak Kapolri sekarang ini," ujar dia.

Hari ini, Jumat 8 Januari 2010 tidak datang ke kantornya di Mabes Polri. Ditambahkan Edward, tidak ada pemberitahuan dari Susno soal ketidakhadirannya di Mabes Polri.

Apakah tindakan Susno bisa dikatakan sebagai pelanggaran aturan? "Ya, mangkir. Termasuk pelanggaran disiplin. Ke depan tidak boleh terjadi lagi," tambah Edward. [vvn]
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BERITA -BERITA PILIHAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger