Home » » Ketua AJI : "infotainment bukan jurnalis."

Ketua AJI : "infotainment bukan jurnalis."

Written By admin on Saturday, December 19, 2009 | 12:06 PM

Perseteruan antara pemburu berita artis (infotainment) dengan Luna Maya semakin marak diperbincangkan. Terlebih, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ikut terlibat dan melaporkan Luna dengan menjerat Pasal UU ITE sebagaimana yang dialami Prita Mulya Sari.

Buntut dari polemik tersebut, sejumlah pihak mulai bertanya, apakah infotainment masuk dalam kategori jurnalis atau bukan? Organisasi jurnalis pun menyikapinya.

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) berpendapat, infotainment bukanlah bagian dari jurnalis. Pasalnya, infotainment kerap memberitakan seseorang terlalu jauh tanpa mengindahkan kode etik yang digunakan para jurnalis.

"Perlu diingat, infotainment bukan jurnalis. Mereka hanya bekerja kepada perusahaan hiburan," tegas Ketua AJI Nezar Patria saat dikonfirmasi okezone per telepon, Sabtu (19/12/2009).

Menurut Nezar, dunia jurnalis memang mengenal wartawan hiburan. Namun, wartawan hiburan yang dimaksud bukanlah seperti infotainment, melainkan lebih kepada acara pertunjukan yang beritanya perlu disebarluaskan ke publik.

"Mereka yang meliput acara konser, pameran, dan sejenisnya itu masuk dalam kategori wartawan. Tetapi kalau infotainment bukan, karena mereka memberitakan privasi orang dan wartawan tidak berkepentingan dengan hal itu," tandasnya.

Nezar juga menyesalkan mengapa pihak infotainment menjerat Luna dengan pasal ITE. Padahal, menurut Nezar, keduanya merupakan pihak yang saling menguntungkan. Infotainment butuh artis, begitupun sebaliknya.

"Kasus itu sebetulnya tidak perlu sampai ke pidana tetapi cukup diselesaikan secara baik-baik. Misalnya, pihak infotaiment bertemu langsung dengan Luna atau organisasi artis," ujarnya.

Sebagaimana yang ramai diperbincangkan, Luna dilaporkan ke Polda Metro Jaya buntut keluhannya kepada infotainment yang dituangkan dalam jejaring sosial Twitter. Selain menjerat Luna, PWI juga akan melaporkan aktris lainnya, Mieke Amalia, karena dituding ikut mencibir infotainment dalam status Luna.[okezone.com]
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BERITA -BERITA PILIHAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger