Home » » Penyerangan HMI Makasar ada indikasi Pelanggaran HAM

Penyerangan HMI Makasar ada indikasi Pelanggaran HAM

Written By admin on Sunday, March 7, 2010 | 8:44 PM

Komisi Nasional Hak Azasi Manusia (Komnas HAM) mensinyalir terjadinya pelanggaran HAM pada penyerangan Wisma HMI Cabang Makassar, Rabu lalu. Hal tersebut disampaikan anggota Komnas HAM Ridha Saleh usai berkunjung ke Wisma HMI, di Jalan Boto Lempangan, Makassar, Minggu, 7 Maret 2010.

"Setelah melakukan pemantauan langsung ke Wisma HMI Cabang Makassar, saya menanggap ada indikasi pelanggaran HAM. Tapi ini bukan kesimpulan," kata Ridha Saleh kepada wartawan di Makassar.

Komnas HAM memiliki temuan yang menguatkan adanya indikasi pelanggaran HAM tersebut. Seperti adanya penyerangan disertai pengrusakan, pemukulan terhadap kader HMI serta mengeluarkan perkataan-perkataan yang kasar dan menyinggung perasaan.

Dia mengatakan, tindakan tersebut tidak semestinya dilakukan dari satuan yang dikenal sebagai pengayom masyarakat tersebut. "Tentu saja tindakan itu mencerminkan sebagai tindakan yang tidak profesional," ujar Ridha Saleh lagi.

Lebih jauh Ridha menegaskan, tindakan para oknum polisi tersebut tentu saja menjadi tanggung jawab dari insititusi tertinggi kepolisian. Mulai dari Kapolri, Kapolda, hingga Kapolwiltabes Kota Makassar. Sebab, para petinggi mereka gagal melakukan pendidikan.

Sementara itu, dalam kunjungannya, Ridha Saleh didampingi Ketua Umum Pengurus Besar HMI Syamsuddin Radjab. Mereka mewawancarai Ketua Umum HMI Cabang Makassar Amal Sakti, serta sejumlah anggota HMI yang berada di Wisma HMI saat terjadi penyerangan.

Komnas HAM juga meninjau area yang rusak akibat penyerangan, baik yang dilakukan pada Rabu malam, maupun pada hari Kamis siang di Wisma HMI tersebut. Mereka juga mengambil foto-foto yang menjadi barang bukti, seperti sejumlah motor milik kader HMI yang rusak karena dirusak.

"Kami ingin lebih mendalami kasus ini, sebagai bahan pada rapat paripurna Komnas HAM, selasa mendatang," kunci Ridha.[Vivanews]
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BERITA -BERITA PILIHAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger