Home » » Puluhan Sapi dan Kambing Mati diserang Nyamuk kepala putih

Puluhan Sapi dan Kambing Mati diserang Nyamuk kepala putih

Written By admin on Thursday, January 7, 2010 | 8:37 PM

Puluhan hewan ternak di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau, mati akibat diserang puluhan ribu nyamuk berkepala putih.

Kepala Dinas Perternakan (Kadisnak) Riau, Patrianov, mengatakan pada umumnya hewan yang diserang nyamuk adalah ternak kambing dan sapi.

"Jumlah nyamuk kepala putih sangat banyak, tapi kita belum tahu apa jenis nyamuk tersebut, karena masih teliti di laboratorium,” kata Patrianov, Kamis (7/1/2010) di Pekanbaru.
Dia menjelaskan, nyamuk tersebut memiliki ukuran yang sama seperti nyamuk biasa dan menyerang saat menjalang malam. Hewan-hewan yang baru saja di kembalakan langsung diserang.
Nyamuk tersebut banyak menyerang di kandang ternak warga. Walaupun kandang sudah diberi kelambu, namun nyamuk tersebut masih bisa menyerang dan menyebabkan kematian,” paparnya.
Dia menjelaskan nyamuk kepala putih merupakan nyamuk musiman yang datang pada saat musim banjir. ” Saat ini kan air naik, mungkin saat banjir surut nyamuk tersebut akan hilang dengan sendirinnya. Karena walaupun kita foging sekarang, nyamuk tersebut tidak mempan," tutur Patrianov.
Sementara itu menurut warga Inhu, Yudi Saputra menjelaskan bahwa nyamuk kepala putih ternyata tidak hanya menyerang hewan ternak, tetapi juga menyerang penduduk, walau sejauh ini belum menyebabkan korban jiwa.
"Bila nyamuk itu hinggap ditubuh dan menggingit dia akan lengket, nyamuk tidak mau di diusir. Gigitannya juga sakit dan menimbulkan gatal,” katanya.
(ton/okezone.com)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BERITA -BERITA PILIHAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger