Home » » Hari pertama tahun 2010 disambut Gerhana Bulan Sebagian

Hari pertama tahun 2010 disambut Gerhana Bulan Sebagian

Written By admin on Friday, January 1, 2010 | 6:02 PM


Hari pertama tahun 2010 disambut oleh Gerhana Bulan Sebagian, yang juga bisa diamati dari bagian barat dan tengah Indonesia, pada dini hari tadi.

Seperti yang diumumkan pada situs Badan Meteorologi dan Geofisika, gerhana bulan yang terjadi menutupi 8,2 persen dari keseluruhan piringan Bulan yang nampak dari Bumi. Oleh karenanya dinamakan Gerhana Bulan Sebagian (GBS).

Gerhana terjadi mulai pukul 17.17 waktu Greenwich/ Universal Time (UT), dan bulan akan mulai memasuki bayangan Umbra Bumi, pada pukul 18.52 UT. Sejak saat itulah piringan Bulan mulai tertutupi piringan Bumi.

Puncak gerhana bulan sebagian terjadi pada 19.22 UT, dan pada pukul 19.52 UT, Bulan mulai meninggalkan bayangan Umbra Bumi dan piringannya mulai kembali utuh. Pada pukul 21.28 UT, gerhana ini berakhir.

Namun, karena perbedaan waktu antara Greenwich dengan Indonesia adalah antara 7-9 jam, maka di Indonesia, gerhana tersebut terjadi sekitar pukul 00.17 - 04.28 wib.

Secara keseluruhan, proses tertutupnya piringan Bulan terjadi selama sekitar satu jam, dan lama proses Gerhana Bulan Sebagian ini sejak awal hingga akhir, terjadi selama 4 jam 11 menit.[VIVAnews]

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BERITA -BERITA PILIHAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger