Latest Post

Ditemukan Alat Pembaca Pikiran

Written By admin on Saturday, December 12, 2009 | 10:33 PM

Penelitian baru kini tengah dilakukan untuk peranti otak nirkabel yang kelak diharapkan bisa memindai pikiran dengan cepat untuk mengambil data percakapan demi menolong orang yang mengalami kerusakan otak agar bisa berkomunikasi.

Baru-baru ini, para ilmuwan menciptakan peranti otak untuk membantu komunikasi bagi orang yang tak bisa lagi berbicara dengan cara membaca gelombang otak lewat elektroda yang ditempel ke kepala. Sayangnya, ini terbukti sangat lamban, kira-kira hasilnya satu kata per menit sehingga tak mungkin diterapkan pada pembicaraan normal dan interaksi sosial.

Kini, ahli saraf kognitif Frank Guenther dari Universitas Boston bersama para koleganya menunjukkan suatu peranti otak yang memakai elektroda yang ditanamkan langsung dalam otak demi meneliti cara bicara dalam waktu riil.

"Tak lama lagi, individu yang telah lumpuh total sehingga tak bisa berbicara akan memiliki kemungkinan untuk bersuara lewat komputer laptop," kata Guenther.

Para ilmuwan bekerja bersama sukarelawan berumur 26 tahun yang hampir lumpuh total akibat stroke yang dialaminya di usia 16 tahun. Mereka menanamkan elektroda dengan dua kawat ke bagian otak yang tugasnya memikirkan dan menjalankan gerakan yang berhubungan dengan berbicara.

Elektroda itu mencatat sinyal dari otak ketika sang sukarelawan mencoba berbicara, lalu secara nirkabel data itu dikirim pada suatu alat synthesizer suara. Penundaan antara aktivitas otak dan hasil suara rata-rata hanyalah 50 milidetik. Ini cukup mendekati pembicaraan normal.

"Ia (sukarelawan) cukup bersemangat, terutama selama beberapa hari pertama ketika kami memakaikan alat itu dan seiring ia membiasakan diri," ucap Guenther, "Saya yakin dari sisi dia, kemajuan kami terlihat lelet. Kami pun kadang merasa begitu. Tapi biar bagaimanapun ia senang bisa mendapatkan hasil suara dengan waktu riil atas kehendaknya untuk bicara, dan ia bekerja keras dengan senang hati bersama kami selama percobaan."

Para peneliti berfokus pada huruf vokal karena komponen suaranya telah dipelajari selama puluhan tahun dan peranti lunaknya sudah tersedia untuk dengan cepat menghasilkan suara. Tingkat akurasi huruf-huruf vokal yang dihasilkan sang sukarelawan lewat synthesizer itu maju pesat dari 45 persen menjadi 89 persen akurat dalam 25 sesi selama lima bulan.

"Sukarelawan kami bisa menghasilkan urutan bunyi vokal seperti 'ah-ii'. Ini gerakan gerakan vokal yang cukup mudah."

Guenther menerangkan. "Tantangan berikutnya adalah menghasilkan suara konsonan. Ini akan memerlukan synthesizer yang berbeda, yaitu suatu synthesizer artikulasi di saat sang pemakai akan mengendalikan gerakan suatu lidah maya.

"Synthesizer macam ini memungkinkan terbentuknya suatu kata penuh, tapi sistemnya lebih rumit untuk dikendalikan sang pemakai," lanjutnya, "Ini, dan dipadukan dengan tambahan elektroda untuk memindai dan memancarkan data, nanti mustinya bisa membuka jalan atas terciptanya sistem untuk menghasilkan kata-kata dan kalimat penuh."

Sistem yang sekarang digunakan mengambil data hanya dari dua kawat. "Dalam setahun akan memungkinkan untuk menanam sistem dengan 32 kawat," kata Guenther, "Dengan ini kita bisa memindai lebih banyak neuron, yang akhirnya dapat mengendalikan synthesizer dan menghasilkan suara yang lebih baik.

Para ilmuwan menjabarkan penemuan mereka di jurnal PLoS ONE edisi 9 Desember 2009.

sumber :kompas.com

Tahukah anda, ada ikan yang bisa membuat kepompong?

Tahukah anda, ada ikan yang bisa membuat kepompong? Menurut seorang hobiis monster fish, Kamil, ikan Lung Fish mampu membuat kepompong saat terpaksa hidup tanpa air. "Yang paling unik, ini (Lung Fish). Jadi dia bisa hidup beberapa hari di darat dengan bikin kepompong dari lumpur," ujar Kamil di Indonesian Pets Plants Aquatic Expo 2009, di WTC Mangga Dua Jakarta, Sabtu (12/12/2009).

Seperti namanya, Lung Fish yang berarti ikan paru-paru memiliki organ sejenis paru-paru yang memungkinkannya hidup di darat tanpa air. Agar tetap lembab, ikan ini membuat kepompong dari lumpur. Ikan yang tergolong monster fish ini adalah ikan air tawar yang tergolong langka, apalagi jika albino. Maka tak heran kamil pun hanya melepasnya seharga 12 juta rupiah.

Panjang ikan Lung Fish bisa mencapai lebih dari satu meter. Sebagai karnivora, Lung Fish memakan cacing atau ikan kecil. Bentuknya unik, seperti ikan lele yang memiliki sisa kaki dan tangan yang menempel di dekat ekor dan dekat kepala. Moncongnya pun unik, nampak seperti hidung babi yang berlubang besar.

Lung Fish hanyalah salah satu monster fish unik yang dipamerkan Kamil dan Hanung di tempat pameran. Selain Lung Fish, ada beberapa jenis ikan langka lain seperti Pari Motoro yang memiliki duri beracun.

Menurut Kamil, duri pada ekor Pari Motoro dapat menyebabkan infeksi bahkan kematian jika tertusuk manusia. Untuk itu, Kamil membungkus duri ekor pari dengan sedotan. "Kalau tertusuk, infeksi, nggak bisa sembuh tuh. Bisa kematian juga. Makanya durinya kita bungkus. Kalau dipegang saja bisa gatal dan panas," katanya.

sumber :kompas.com

Pengacara Akui Robert Hadir di Departemen Keuangan saat Rapat KSSK


Pengacara Robert Tantular, Bambang Hartono mengakui kliennya berada di Departemen Keuangan saat rapat Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) tengah memutuskan nasib Bank Century. Robert yang merupakan pemegang saham terbesar di bank tersebut hadir atas undangan Bank Indonesia.

"Betul, Robert Tantular berada disitu (Departemen Keuangan)," kata Bambang saat dihubungi, Sabtu (12/12).

Sebelumnya, Boediono yang kini menjadi Wakil Presiden mengakui jika pemilik Bank Century itu hadir di Departemen Keuangan yang pada saat bersamaan digelar rapat KSSK. Namun, Boediono menyatakan bahwa Robert tidak ikut dalam rapat.

Senada dengan Boediono, ditegaskan Bambang, Robert yang hadir di tempat tersebut bersama Direktur Utama Bank Century Hermanus Muslim tidak turut serta dalam rapat KSSK. RObert juga tidak melakukan tatap muka dan hubungan telepon dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Gubernur BI saat itu Boediono.

"Robert Tantular tidak mengenal Sri Mulyani, apalagi telepon. Robert hanya tahu Sri Mulyani, ya, Menteri Keuangan," katanya.

Bambang Kepada Tempo menceritakan, ketika itu Bank Indonesia mengundang Robert Tantular bersama direksi Bank Centuri dan kemudian disuruh untuk ke Departemen Keuangan. "Robert berada diruangan itu sampai besok paginya tanggal 21 November," kata Bambang. Menurutnya, Robert dan Hermanus ditahan semalaman di ruangan tersebut tanpa diberi makan dan minum.

Pada 22 November, Robert kemudian terbang ke Singapura untuk mencari investor. Di negeri jiran itu, Ia melihat Running Text disalah satu televisi bahwa dia dicekal atas permintaan Menteri Keuangan. Ia kemudian diberi tahu bahwa hari Senin (24 November) harus berada di Indonesia untuk menyelesaikan proses rekapitalisasi ke LPS.

Hari Senin, 24 November 2008, Robert kembali ke Jakarta dengan keyakinan dia bisa menyelesaika proses rekapitalisasi ke LPS. "Dia yakin tidak bersalah, makanya meski sudah dicekal mau pulang ke Indonesia," katanya. Pada 25 November, Robert ditangkap oleh Markas Besar Polri. Proses selanjutnya, kasus Bank Century kemudian bergulir dan menjadi bola panas hingga sekarang, lebih dari setahun kemudian.

sumber :tempointeraktif.com

Heboh Sarung tanpa Tuan melakukan gerakan Sholat

Warga Desa Dupa, Kelurahan Layana Indah, Palu Barat, Provinsi Sulawesi Tengah, dua hari belakangan ini digemparkan adanya sebuah sarung yang bergerak sendiri menyerupai gerakan shalat.

Pemilik sarung adalah almarhum Tasman, warga Jalan Jalan Dupa II, Kelurahan Layana Indah. Dia adalah mantan pegawai negeri sipil di Dinas Perkebunan Kota Palu, yang meninggal dunia beberapa bulan lalu.

Awal kejadiannya, saat Fatimah (8), cucu Tasman, yang oleh rekan sebayanya dikenal taat beribadah, terbangun dari tidurnya. Dia bergegas ke musala untuk menunaikan shalat Azhar. ”Saya bangun untuk sembahyang,” ungkap Fatimah polos, Rabu (9/12).

Saat tidur sore, bocah yang kini duduk di bangku kelas II SD itu, merapikan tempat tidur. Dua buah bantal berukuran sedang ia letakkan berdampingan tepat di bagian sisi atas tempat tidur, sementara sebuah sarung peninggalan mendiang Tasman, kakeknya, ia lipat rapi lalu diletakkan tak jauh dari bantal. Sarung itu ia pakai sebagai alas tidur.

Dia lalu langsung menuju dapur mengambil berwudhu. Dengan wajah yang masih dipenuhi butir-butir air, bocah tersebut perlahan melangkah mendekati pintu kamar dan masuk ke dalam kamar.

Dan alangkah kagetnya, saat Fatimah menemukan sarung kakeknya dalam posisi berdiri lalu bergerak menghadap kiblat. Sarung itu lalu melakukan gerakan shalat. Fatimah kaget dan berlari kepelukan ayahnya.

”Awalnya saya tidak percaya,” kata Mahmud (28), Ayah Fatimah yang ditemui Tempo di rumahnya, Selasa (8/12).

Kejadian itu sudah berlangsung dua hari. Menurut Mahmud sarung tersebut biasanya digunakan mendiang ayahnya untuk keperluan shalat.

“Saya juga kaget, setiap kita ruku, saat tahiyat dari dalam sarung tersebut juga muncul seperti jari telunjuk yang sedang membaca syahadat, padahal setelah kita periksa tidak ada apa-apa dalam sarung itu,” jelas kata Fatma (27), ibunda Fatima.

Menurut salah satu keluarga Tasman, kemungkinan arwah Tasman sedang shalat. Tasman sendiri belum sempat menunaikan ibadah haji, padahal sudah terdaftar sebagai Calon Jemaah Haji (CJH) 2009.

“Atau mungkin ada pesan lain dari istrinya yang sekarang berada di Tanah Suci tanpa didampingi suaminya yang sudah lebih dulu meninggal dunia,” jelasnya.

Meski tak berdiri tegak seperti hari pertama, namun dari pantauan media ini kemarin, keadaan sarung tersebut masih duduk menyerupai manusia duduk sedang shalat.

Beberapa warga pun masih menyimpan video hasil rekaman malam sebelumnya, di mana sarung tersebut masih berdiri tegak. Peristiwa tersebut spontan menyita perhatian ratusan warga. Hingga berita ini diturunkan, masih banyak warga berdatangan ingin menyaksikan langsung. [tempointeraktif.com]

Itu permainan Jin

Menanggapi hal ini, Jinolog Bengkel Rohani, Abu Aqila menegaskan, peristiwa ini bukanlah ruh gentayangan almarhum Tasman, melainkan kerjaan jin.

“Itu permainan jin atau khadam bapak yang meninggal itu. Dalam Islam tidak ada manusia yang sudah mati lalu arwahnya bergentayangan,” kata Abu Aqila kepada www.hidayatullah.com Kamis (10/12).

Abu Aqila menyebutkan, ini merupakan konspirasi golongan jin untuk mendangkalkan akidah umat Islam.

Jin dan setan, lanjut Abu Aqila, sudah bersumpah untuk menyesatkan manusia dari kemurnian tauhid, termasuk dengan cara di atas[hidayatullah.com]

Ada rencana Lampu Merah Jakarta menggunakanTenaga Surya

Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan membangun lampu lalu lintas (traffict light) bertenaga surya. Hal ini akan dilakukan untuk menghindari terjadinya kemacetan panjang saat mati listrik terutama di musim hujan dan terjadi genangan.


Saat hujan dan terjadi genangan air, lampu merah di persimpangan jalan seringkali mengalami gangguan. Penyebabnya antara lain karena listrik padam dan gangguan pada kabel bawah tanah.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, M Tauchid mengatakan, pihaknya saat ini tidak bisa tergantung pada listrik PLN.
Untuk itu, ke depan diupayakan lampu lalu lintas di Jakarta menggunakan suplai baterai cadangan atau sebagai opsi lain dengan menggunakan tenaga surya.

“Kalau dengan sistem baterai cadangan sistem ini di lapangan banyak dicuri orang, alternatif lain dengan pakai sel surya,” kata Tauchid, Sabtu 12 Desember 2009.

Ke depan pembangunan traffict ligt dengan tenaga surya ini akan dilakukan di Sarinah.

Tauchid menjelaskan jika menggunakan energi dengan sistem bateri cadangan mesin yang digunakan akan menggunakan sistem DC sehingga kebutuhan arusnya lebih kecil. Sehingga listrik dari PLN dirubah dengan sitem DC.

Aliran ini juga diisi baterai yang tidak terlalu besar. Ketika terjadi gangguan, bateri ini yang akan menggerakkan lampu lalu lintas.

“Kekurangannya dengan sistem batrei cadangan hanya mudah dicuri, tapi kalau dengan sistem lain (surya) pada saat banjir bisa tetap menyala,” katanya.

Menurutnya, pada 2009 ini dishub sudah dapat alokasi dana untuk mengatasi traffict light yang kerap mengalami gangguan. Diharapkan perbaikan traffict light yang mati atau mengalami gangguan bisa selesai akhir tahun ini.

Saat ini kata Tauchid, yang perlu diwaspadai adalah gangguan traffict light yang mati pada persimpangan jalan. Sebab jika lampu lalu lintas ini mati, akan terjadi kemacetan. Berdasarkan data yang dimilikinya terdapat 317 lampu lalu lintas persimpangan dan 36 lampu lalu lintas penyeberangan dan 72 lampu kedip.

“Total lampu yang kita miliki ada 425 lokasi. Diharapkan lampu yang rusak bisa seger diselesaikan akhir Desember ini,” katanya.

Sementara itu, Berdasarkan data dari Traffic Managemen Center (TMC) Polda Metro Jaya, lampu merah yang sering mengalami gangguan berada di lokasi:

Wilayah Jakarta selatan :

1. Mabes Polri
2. CSW
3. Permata Hijau
4. Lampu Merah 78

Wilayah Jakarta Barat :

1. Relasi
2. Cengkareng

Wilayah Jakarta Utara

1. Atmajaya Pluit
2. Jalan Baru Ancol

WIlayah Jakarta Pusat

1. Bungur
2. Kebun Kacang
3. Bypas
4. Asia Afrika

Akibat sering terjadi gangguan pada lampu pengatur jalan, Petugas lalu lintas kerap melakukan pengaturan secara manual.

Bagi Masyarakat pengguna kendaraan yang melintas di lokasi tersebut dihimbau untuk lebih berhati - hati, tidak saling serobot dan tetap bersabar dalam mengendarai kendaraan.

sumber : VIVAnews

Cristiano Ronaldo pemain bola paling cepat di dunia

MUENCHEN--Cristiano Ronaldo, winger Real Madrid kelahiran Portugal, tidak hanya menasbihkan dirinya sebagai pemain termahal dunia. CR9, demikian julukan Ronaldo, juga membuktikan dirinya sebagai pemain bola paling cepat di dunia.


Majalah mingguan Jerman 'Der Spiegel', pekan ini melansir hasil laporan tentang pesepak bola yang paling cepat larinya. Hasilnya adalah Ronaldo terpilih sebagai pesepak bola tercepat dengan rata-rata kecepatannya 33,6 kilometer per jam. Itulah mengapa Ronaldo selama ini mampu meninggalkan bek tim lawan jauh di belakangnya.

Ronaldo mengalahkan Arjen Robben, winger Bayern Muenchen, yang menempati posisi kedua dengan catatan kecepatan 32,9 km/jam. Posisi berikutnya ditempati oleh Theo Walcott (Arsenal) dengan kecepatan 32,7 km/jam, Wayne Rooney (Manchester United) 32,6 km/jam dan Robin van Persie (Arsenal) 32,1 km/jam. Lionel Messi, striker Barcelona peraih Balon d'Or 2009, tidak masuk posisi lima besar.

Sir Alex Ferguson, manajer Manchester United, sudah mengenali bakat Ronaldo ketika memboyongnya ke Old Trafford pada 2003. ''Ronaldo berlari sama cepatnya dengan bola yang digiringnya,'' kata Ferguson. ''Bahkan Ronaldo mungkin berlari lebih cepat dari bola jika dia berlari tanpa membawa bola.''

Ronaldo pernah meminta Usain Bolt, si manusia tercepat dunia, untuk mengajarinya cara meningkatkan kemampuan berlarinya. Dan sprinter pemegang rekor dunia lari 100 dan 200 meter tersebut sudah memberi tips khusus agar Ronaldo berlari lebih cepat lagi.

''Saya menerangkan beberapa hal padanya. Saat dia berlari dan mencapai puncak kecepatan, dia selalu dijatuhkan,'' ujar Bolt. ''Saya beri tahu dia agar menempatkan kakinya di pusat gravitasi sehingga akan lebih mudah baginya untuk berlari lebih cepat dalam waktu yang lebih lama.'' dip/espnstar/eye

sumber :republika.co.id

foto : /www.soccer360.co.uk

Rela menyerahkan kehormatan Kewanitaannya Demi Lulus Ujian CPNS

Serang - Ini cerita yang terjadi di antara proses seleksi penerimaan Pegawai Negeri Sipil di Banten, yang terjadi pekan pertama Desember 2009. Seorang guru honorer, dikabarkan rela menyerahkan kehormatan demi bisa lolos ujian seleksi

Kisah ini muncul dari lingkungan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) tingkat I Propinsi Banten. Tepatnya, dari posko pengaduan yang dibentuk dalam rangka menerima aduan selama proses seleksi penerimaan Pegawai Negeri Sipil, periode Desember 2009.

Pemicunya sendiri dimulai dari beredarnya sebuah rekaman video mesum. Di video yang beredar dari ponsel ke ponsel itu, memang terlihat gambar seorang perempuan sedang berhubungan badan dengan seorang lelaki.

Dari situlah muncul cerita bahwa video ini berhubungan dengan seleksi penerimaan PNS di lingkungan Pemprop Banten.

Bahwa, si wanita yang ada di video itu adalah seorang pelamar atau Calon Pegawai Negeri Sipil.

Sedangkan yang lelaki, adalah seseorang yang dikabarkan menjanjikan bisa memasukkan wanita itu sebagai PNS. Asal, tentu saja seperti yang terlihat dalam video itu: si wanita mau menyerahkan kehormatannya.

Pertengahan pekan ini, Desember 2009, INILAH.COM menelusuri cerita ini. Dimulai dari bagian Kepegawaian Propinsi Banten. Beberapa staf mengakui bahwa isu itu memang ada. Tapi, tidak terjadi di tingkat propinsi.

Menurut seorang staf di bagian Kepegawaian, kejadian itu terjadi di Badan Kepegawaian Daerah Kabaten Serang. ''Jadi, Anda konfirmasi saja ke BKD Kabupaten Serang,'' kata staf tersebut.

Saat INILAH.COM menelusuri ke BKD Kabupaten Serang, seorang staf tadinya tak mau menjawab isu tersebut.

Tapi, dia mengakui bahwa cerita itu memang menyebar karena sudah dimuat di salah satu surat kabar lokal yang terbit di Banten.

"Tapi, bukan wewenang saya untuk berkomentar kasus tersebut," katanya kepada INILAH.COM.

Agak sulit mencari kisah tersebut. Sampai akhirnya, muncul keterangan bahwa isu itu memang muncul di Posko Pengaduan Penerimaan CPNS se-Banten.

Menyebarnya cerita adanya CPNS yang rela menggadaikan tubuhnya agar bisa lolos ujian seleksi sebagai PNS dibenarkan oleh Andri Prakarsa, anggota tim Posko Pengaduan Penerimaan CPNS Se-Banten 2009.

Andri mengatakan, beberapa jam setelah posko pengaduan dibuka, tepatnya Senin (30/11), pihaknya kedatangan perwakilan dari sebuah LSM yang ada di Serang. Waktu itu, mereka membawa soft copy rekaman video mesum.

Menurut cerita itu, si wanita adalah seorang pendaftar PNS yang berasal dari Kecamatan Pontang, Serang.

Andri sendiri masih menilai bahwa kebenaran kabar tersebut belum dapat dibuktikan. "Kita hanya menerima pengaduan saja terkait masalah penerimaan CPNS," ujarnya.

Selain itu, siapa lelaki yang menjanjikan wanita itu bisa lolos ujian seleksi CPNS asal si wanita mau menyerahkan kewanitaannya, juga belum diketahui.

''Soalnya, di video itu si lelaki tidak terlihat wajahnya,'' kata Andri.

Yang jelas, selama lima hari sejak posko pengaduan itu dibuka, sudah diterima sekitar 20 pengaduan. Sebagian besar karena kesalahan administrasi.[bersambung/ims]


sumber :inilah.com

Inilah Kronologi Pengawasan Century Versi BI

Komisi XI (Keuangan) menggugat dana talangan pemerintah yang dikucurkan untuk Bank Century. Dana lebih dari Rp 5 triliun itu dicairkan tanpa meminta persetujuan komisi.

Bank Indonesia dan Departemen Keuangan pun berlomba-lomba memberikan klarifikasi. Setelah kronologi yang disampaikan Menkeu Sri Mulyani soal bailout itu, kini giliran Bank Indonesia yang membeberkan kronologi pengawasan bank yang bermasalah di penghujung 2008 itu.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Darmin Nasution di Komisi Keuangan DPR, Jakarta, Kamis 26 Agustus 2009 mengatakan, pengucuran dana talangan buat BI diputuskan setelah KSSK menggelar dua kali rapat pada 20 November dan 21 November 2008. Rapat itu untuk menentukan apakah penutupan bank akan berpengaruh sistemik atau tidak.

Setelah rapat pada 21 November 2009 yang berlangsung sejak pukul sembilan malam hingga pukul tujuh pagi keesokan harinya, diputuskan menyerahkan Bank Century kepada Lembaga Penjamin Simpanan karena bank dianggap gagal dan akan berdampak sistemik.

Darmin kemudian membeberkan kronologi Bank Century sebelum diputuskan diserahkan oleh KSSK kepada LPS, yakni:

I. Sebelum merger 2003-2004

Bank memilik permasalahan SSB valas sebesar US$ 203 juta berkualitas rendah (tidak memiliki rating) dan memiliki bunga rendah, dan US Treasury Strips sebesar US$ 185,36 juta dengan bunga sangat rendah. SSB tersebut berasal dari ROI Loan dengan market price dibawah 100 persen, namun dicatat sebesar harga nominal.

Pada waktu itu BI meminta supaya dicatat seperti harga pasar saat pembelian. Dalam kondisi itu Public Indonesia Loan dengan MTN berkualitas rendah dimasukkan US Treasury bunga rendah dan jangka panjang sehingga mempengaruhi modal.

Tindakan pengawasan :
a. Meminta bank untuk menambah modal mengeakibatakn tekanan terhadap permodalan bank.
b. Meminta Bank untuk melakukan merger terhadap 3 bank (Bank CIC, Bank Pikko dan Bank Danpac)

II. Merger (2004)


Pertimbangan bank diminta merger yaitu:
1. Pemegang saham/PS (Chinkara Capital Ltd, Rafat Ali Rizvi dan Hesyam Al Waruq) memiliki saham pada ketiga bank tersebut
melalui pasar modal
2. Mempermudah pengawasan terhadap bank hasil merger

III. Pasca Merger (2005 dan November 2008)

A. Pengawasan Intensif (2005-5 November 2008)
1. Permasalahan
a. Pada Oktober 2008, bank masih memiliki permasalahan SSB surat valas kualitas rendah sehingga terjadi negative spread. Disamping itu, bank memiliki AYDA atau aset tak produktif dalam jumlah besar (posisi 30 November 2007 sebesar Rp 477 miliar) yang mengakibatkan tekanan rentabilitas yang berdampak terhadap permodalan bank.

b. Pertengahan Juli 2008 bank mengalami kesulitan likuditas yang ditandai dengan penarikan DPK oleh nasabah besar antara lain Sampoerna, PT Timah dan Jamsostek. Sehingga bank terpaksa melakukan taking dari bank lain yang semakin meningkat. Selanjutnya, sejak Bulan Oktober 2008, bank beberapa kali melanggar GWM rupiah. Jumlah DPK yang ditarik masyarakat bulan November dan Desember 2008 sebesar Rp 5,67 triliun.

2. Tindak Lanjut Pengawasan
a. Bank diminta untuk menjual tunai SSB valas paling lambat Desember 2005.

b. Mengingat bank tidak menjual tunai SSB valas dimaksud, bank mengajukan propposal penyelesaian SSB valas melalui skema penjaminan tunai (Assets Management Agreement/MA). BI menyetujui proposal tersebut pada 21 Februari 2006.

c Bank diminta untuk menjual AYDA agar dapat meningkatkan aktiva produktif.

d. Bank diminta untuk menambah modal sebesar Rp 500 miliar. Bank telah menambah modal sebesar US$ 10,5 juta pada bulan Mei 2006 dan sebesar US$ 14,85 juta juta (MCB) pada bulan Juni 2006. Selanjutnya, pada bulan Juni 2007 bank melakukan rights issue sebesar Rp 442 miliar.

d. Bank masih belum dapat menyelesaikan permasalahan secara menyeluruh, karena permasalahan negative spread dan kondisi bank
diperkirakan akan mengalami kesulitan, pada kuartal IV tahun 2007, bank didorong untuk mencari strategic investor yang dapat menyelesaikan permasalahan bank secara menyeluruh.

e. BI menfasilitasi masuknya calon investor strategis antara lain Kuwait Finance House, Koreans Shinhan Bank, Maybank, Hana Financial Group Korea telah mencapai kesepakatan menengai sturuktur akuisisi (telah ditandanatngani Letter of Intent dan Point of Understanding antara pemegang saham dengan Hana Financial Group) pada bulan April 2008, namun ditunda karena terjadinya krisis keuangan global. Selanjutnya pada pertengahan November 2008, PT Sinarmas Multiartha Tbk juga telah menunjukkan minattanya menjadi investor (telah ditandatanganan LoI antara pemegang saham bank dengan PT Sinarmas Multiartha Tbk)

f. Berkenanaan dengan permasalahan likuditas, BI melakukan upaya antara lain pemantauan secara ketat likuditas harian dan meminta bank menjual SSB valas, menekan laju pertumbuhan kredit dengan mengutamakan penyelesaian permasalah likuiditas, meningkatkan setoran jaminan L/C, mendesak PSP agar menupayakan pelunasan SSB balas dan meminta PSP dan
PS mayoritas (Rafat Ali Rizvi dan Robert Tantular) untuk membuat komitmen tanggal 15 Oktober dan 16 November 2008 agar menyelesaiakan permasalahan likuditas, antara lain melunasi lebih awal SSB valas menambah modal dan atau mempercepat masuknya investor.

SUMBER : VIVAnews

Video Rekaman pembicaraan Sri Mulyani dan robert tantular

Anggota Pansus Angket Century Bambang Susatyo mengungkapkan adanya rekaman rekaman antara Menteri Keuangan Sri Mulyani dengan Robert Tantular.

Perang dingin Srimulyani-Ical lemahkan Koalisi



Perang dingin antara Menteri Keuangan Sri Mulyani dengan Ketua Umum partai Golkar Aburizal Bakrie menunjukan koalisi partai politik yang dibangun Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mulai rapuh dan semakin tidak solid.

"(Konflik ini) membuktikan koalisi tambun yang didukung enam partai ternyata tidak efektif dan rapuh," kata Peneliti LSI Burhanuddin Muhtadi saat berbincang dengan okezone melalui telepon, Sabtu (12/12/2009).

Burhanuddin menjelaskan, koalisi yang dibangun SBY mulai menunjukan terpecahnya kepentingan partai koalisi yang berpotensi menjadi bola liar. Jika SBY tidak segera mengambil sikap, kekompakan mitra koalisi ini terancam pecah.

Paling tidak, menurut Burhan, ada dua partai yang menurutnya memiliki kepentingan dalam pansus hak angket Century ini. "Target PAN dan Golkar adalah Sri Mulyani dan Boediono," katanya.
(ded)

sumber :okezone.com

Ternyata Harvey Malaiholo Pernah Kalahkan Celine Dion dan Bryan Adam Loh...

Written By admin on Friday, December 11, 2009 | 2:34 PM


Jangan pernah menganggap enteng bakat-bakat yang dimiliki anak-anak negeri. Buktinya, penyanyi asal Ambon Harvey Malaiholo bahkan sempat menyisihkan penyanyi pop dunia semacam Celine Dion dan Bryan Adams dalam sebuah ajang festival internasional di tahun 70-an.



"Itu masalah kesempatan saja. Kebetulan saya yang mendapatkan kesempatan itu.
Tapi sebenarnya banyak penyanyi Indonesia yang bisa mengalahkan
penyanyi-penyanyi dunia. Potensi itu besar,"


katanya saat ditemui di acara grand lauching lomba Indonesian Song Festival (INSOF) 2010 di Jakarta Theater, Kamis (10/12/09).


Menurut penyanyi yang dijuluki "Macan Festival" itu, kesempatan itu kini kembali terbuka. Ajang lomba yang kembali dihidupkan setelah beberapa tahun mati suri, dapat menjadi jembatan untuk menggapai kesempatan itu.


"Saya merasa terharu. Saya merasakan betul manfaatnya ajang-ajang seperti ini.
Saya berharap pula kesempatan ini juga dirasakan adik-adik saya sekarang ini,"

katanya. Di tahun 80-an, saat Festival Lagu Populer Indonesia (FLPI) digelar, nama Harvey menjadi semacam ikon. Ia kerap menjadi langganan juara. Pada Festival Lagu Populer Nasional 1986 di Taman Ismail Marzuki (TIM), Harvey mendapat penghargaan sebagai Penampil Terbaik lewat lagu "Seandainya Selalu Satu" yang dibuat Elfa Seciora.


Catatan terbaiknya di tingkat Asean ditoreh saat ia menyabet gelar Penyanyi Terbaik dalam Festival Lagu Pop ASEAN V. Lagu yang dibawakan Harvey, "Kusadari", yang dicptakan Elfa Secioria dan Wieke Gur itu, juga meraih penghargaan sebagai Lagu Terbaik. "Saya yakin, penyanyi-penyanyi sekarang bisa jauh lebih baik," ujarnya. (EH

Mengapa Ahli Forensik Sebut Mayat Nasrudin Dimanipulasi?


Ahli Forensi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Mun'im Idries, mengungkap mayat Nasrudin Zulkarnaen sudah dimanipulasi saat ia menerimanya. Ia mengatakan kondisi mayat sudah tidak asli saat diautopsi.

Apa yang dimaksud Mun'im dengan manipulasi? "Jadi saat saya terima kondisi mayat itu sudah tidak asli, kepala sudah dicukur, luka sudah dijahit, baju saat tertembak sudah dilepas," kata Mun'im, dalam kesaksiannya di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis, 10 Desember 2009.

Manipuasi yang dimaksud Mun'im bukan berarti ada rekayasa. Manipulasi yang ia katakan bisa terjadi ketika korban masih hidup usai penembakan. "Manipulasi itu bisa terjadi karena ada upaya penyelamatan oleh tim medis, itu terlihat dari kondisi kepala yang sudah dicukur, lalu korban juga sempat berpindah di dua rumah sakit," katanya dalam wawancara tvOne.

Menurutnya, manipulasi jasad korban pembunuhan berkaitan dengan alibi pelaku. Manipulasi bisa dikatakan rekayasa jika korban tewas seketika.

Saat memeriksa jasad Nasrudin, Mun'im menemukan dua peluru di kepala Nasrudin, yakni di sebelah kanan dekat telinga dan di batang tengkorak. Kedua peluru mengenai jaringan otak yang dapat menyebabkan kematian. "Meski peluru masih di dalam, tapi sudah dijahit (lukanya)," kata dia.

Nasrudin ditembak usai bermain golf di Padang Golf Modernland, Cikokol, Tangerang, sekitar pukul 14.00, Sabtu 14 Maret 2009. Ia tewas 22 jam kemudian dengan dua peluru bersarang di kepalanya.

Jawaban jaksa mengenai hal ini

Saat dikonfirmasi soal dugaan manipulasi jenazah, jaksa membantah."Harus dibedakan yang dimaksud dokter soal manipulasi," kata Jaksa M Padyangan. Menurut jaksa, jahitan luka atau pencukuran rambut sah dilakukan."Karena itu tindakan dokter," ujar Padyangan.

Kata dia, seseorang yang terluka dan sekarat masuk gawat darurat wajar mendapatkan perawatan.

Perlakuan medis tersebut, tambah dia, bukan untuk menangani peluru, hanya melihat lukanya seperti apa. "Rambut dicukur untuk mengetahui di mana letak luka," lanjut dia.


Misteri Luka dikepala Nasrudin

Ahli forensik Rumah Sakit Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Abdul Mun'im Idris mengaku pernah diminta pejabat Polda Metro Jaya untuk menghilangkan data mengenai luka Direktur PT Putra Rajawali Banjaran Nasrudin Zulkarnaen.

Dalam pemeriksaan polisi, Mun'im menyatakan bahwa lebar luka di kepala Nasrudin disebabkan peluru berdiameter 9 milimeter (mm). Hal ini diungkapkannya dalam sidang pembunuhan Nasrudin di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis 10 Desember 2009.

"Saat saya diperiksa dan akan meneken BAP (Berita Acara Pemeriksaan), Wadir Serse Polda Metro mengatakan, kalau ini (data 9 mm) bisa dihilangkan tidak?" kata Mun'im mengulang pernyataan pejabat Polda itu di hadapan Majelis Hakim PN Jakarta Selatan.

Mun'im tidak menjelaskan mengapa polisi ingin data itu hilang. Dia hanya menolak. "Itu kewenangan saya sebagai dokter."

Setelah itu, kata Mun'im pun menerima telepon dari seseorang yang mengaku bernama Kamil. Dalam telepon itu, Mun'im mengutip kata-kata Kamil terkait pencantuman diameter luka Nasrudin," Babeh terlalu berani kalau segini (9 mm)."

Artinya 'terlalu berani'? "Saya tidak tahu, saya kan tidak bisa telepati," jawab Mun'im.

Mun'im adalah dokter yang memeriksa jasad Nasrudin. Saat memeriksa jasad Nasrudin, Mun'im mengaku menemukan dua peluru di kepala Nasrudin, yakni di sebelah kanan dekat telinga dan di batang tengkorak.

"Meski peluru masih di dalam, tapi sudah dijahit (lukanya)," kata dia. Kondisi seperti ini, kata dia, akan menimbulkan kematian meski tidak langsung.

Nasrudin ditembak usai bermain golf di Padang Golf Modernland, Cikokol, Tangerang, sekitar pukul 14.00, Sabtu 14 Maret 2008. Ia ditembak di dekat mal Metropolis Town Square.

Mobil BMW silver miliknya tiba-tiba dipepet dua pria mengendarai sepeda motor. Salah seorang pengendara langsung memuntahkan dua peluru ke arah kepala Nasrudin yang duduk di kursi belakang.

Seketika, sopir korban langsung membawanya ke Rumah Sakit Mayapada Tangerang. Kondisi Nasrudin dinyatakan kritis. Rumah sakit itu pun tak mampu menanganinya dan merujuknya ke Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto. Nasrudin meninggal 22 jam kemudian.

sumber : vivanews.com

Inilah orang-orang yang Ngotot ingin memenjarakan Prita

Prita Mulyasari dituntut hukuman enam bulan penjara. Ia didakwa melakukan pencemaran nama baik terhadap Rumah Sakit Omni Internasional Alam Sutera.

Adalah Jaksa Riyadi dan Rahmawati Utami yang melontarkan tuntutan dan dakwaan itu. Mereka bersikeras untuk memenjarakan Prita. Mereka bergeming di tengah derasnya dukungan masyarakat terhadap Prita. "Meski banyak dukungan masyarakat yang mengalir saya tidak terpengaruh gerakan masyarakat," kata Riyadi.

Riyadi meminta majelis hakim membuat vonis berdasarkan fakta persidangan. Ia berharap keputusan yang dibuat majelis hakim bukan berdasarkan opini publik. "Jangan sampai opini publik yang digunakan, karena masyarakat tidak menghadiri persidangan dan membaca berkas perkara," katanya.

Riyadi dan Rachmawati merupakan tim jaksa penuntut umum kasus Prita. Keduanya pula yang melayangkan gugatan atas penghentian kasus Prita. Dan, keduanya berhasil mengembalikan status Prita sebagai terdakwa setelah gugatan mereka dikabulkan Pengadilan Tinggi Banten.

Rahmawati yang juga menjabat sebagai Kepala Seksi Orang dan Benda Kejaksaan Tinggi Banten adalah jaksa yang menambahkan Pasal 27 dan Pasal 45 Undang-Undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik pada berkas perkara Prita.

Dengan dasar dua pasal tambahan yang memuat ancaman enam tahun penjara itulah, Jaksa Rahmawati kemudian mengajukan permohonan penahanan Prita ke Penjara Wanita Tangerang. Itulah mengapa Prita sempat mendekam di penjara selama tiga minggu.

Hasil eksaminasi yang dilakukan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (Jampidum) AH Ritonga atas kasus itu menyimpulkan, Jaksa Rahmawati tidak profesional saat menangani berkas perkara dari penyidik kepolisian.

Tak hanya Jaksa Rahmawati, tim Kejaksaan Agung juga memeriksa Kepala Kejaksaan Negeri Tangerang Suyono serta dua jaksa lainnya, yaitu Jaksa Penuntut Umum Riyadi dan Kepala Seksi Pidana Umum Kejaksaan Negeri Tangerang, Irvan Jaya Azis pada Juni lalu. Mereka diperiksa terkait sejumlah pasal yang didakwakan kepada Prita.[vivanews.com]

RS Omni 'Banting Harga', mau?

Perseteruan antara RS Omni Internasional dan Prita Mulyasari yang kembali memanas memberikan pukulan telak bagi rumah sakit yang berlokasi di Kota Tangerang itu. Rumah sakit itu makin ditinggalkan pasiennya.

Pantauan VIVAnews baru-baru ini, rumah sakit terlihat lengang. Tidak banyak kendaraan yang terparkir di halaman rumah sakit tersebut. Hanya tampak beberapa mobil berjejer di lahan parkir depan rumah sakit dan kendaraan roda dua di parkir basemen.

"Pastinya ada penurunan,” kata Sekretaris Manager RS Omni Internasional Lalu Hadi saat ditemui VIVAnews di Kota Tangerang Selatan Fair, Kamis 10 Desember 2009. Meskipun mengakui adanya penurunan, Lalu Hadi tidak mau menyebutkan berapa prosentasenya.

Pengakuan serupa juga diungkapkan Promotion Communication RS Omni Internaional Ogi Anna. "Sejak pertama kali kasus Prita mencuat, terjadi penurunan yang sangat signifikan. Namun, untuk gerakan kumpul poin, kami belum terlalu pantau angka penurunannya,” kata Ogi.

Ogi mengaku harus bekerja lebih berat lagi untuk meyakinkan masyarakat akan pelayanan RS Omni Internasional. "Opini masyarakat tentang RS Omni yang sudah berkembang akan selalu tetap ada di pikiran mereka. Karena itu saya selaku promotion communication melakukan upaya turun langsung ke lapangan dengan memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat,” terangnya.

Selain melakukan upaya pemulihan imej, RS Omni juga membuat progam special edition sebagai langkah promosi dengan sistem package (paket). "Tentu harga paket ini lebih murah dari harga normal. Karena sudah dikemas menjadi satu, tidak terpisah-pisah," ujar Ogi yang membantah ada isu RS Omni Internasional memberlakukan diskon hingga 75 sejak sejak imej negatif melekat ke rumah sakit tersebut. "Kalau ada diskon 75 persen, kita dan pegawai tidak makan dan punya gaji dong," tandasnya.

sumber :vivanews.com

Tren Media Telah Bergeser ke Saluran Digital


Semua industri telah Semua industri telah dipengaruhi oleh teknologi dalam berbagai cara. Tapi hasil akhirnya kurang lebih sama, efisiensi yang lebih besar, peningkatan produksi, dan lebih sedikit orang yang dipekerjakan. Sebagian besar industri telah membuat penyesuaian dengan sukses. Tetapi beberapa lainnya belum mampu beradaptasi. Media cetak (surat kabar dan majalah) adalah salah satu yang belum beradaptasi dengan baik.

Namun jurnalistik, salah satu bidang tempat industri surat kabar, belum merasakan dampak penuh perubahan teknologi, karena pengembangan dan penerimaan media alternatif yang lambat. Akibatnya surat kabar telah menyusut pada kecepatan tetap.

Jika para pengambil keputusan dalam bisnis tradisional ini paham sepenuhnya dampak teknologi, dan tahu bagaimana menyesuaikan diri dan berubah, maka penutupan industri koran dan PHK besar-besaran akan berhenti. Pasti akan ada korban, namun lebih banyak penerbit dalam skala rumah tangga akan tetap hidup (Gourmet Magazine, sebuah majalah khusus yang dihormati dan telah ada selama beberapa dekade, adalah korban terakhir). Dan wartawan berpengalaman tidak akan menggaruk-garuk kepalanya mencoba untuk mencari tahu dari mana gaji mereka berikutnya akan datang.

Analis mengatakan, koran-koran kehilangan lebih banyak pembaca setiap tahun. Para pembuat keputusan media cetak terjebak pada masa lalu, menolak untuk menyesuaikan diri, dan menguasai standar abad dua puluh satu.

Bukan hanya itu, mereka harus memikirkan kembali tentang informasi apa yang disajikan. Tetapi mereka juga harus mendefinisikan kembali apa yang dianggap berita oleh konsumen. Pada masa kejayaan surat kabar, tujuan utama surat kabar harian adalah menyampaikan berita hard news setiap hari, sering juga dua kali sehari. Namun internet mengubah konsep hard news.

"Kita hidup di era transformasional, dan alur cerita yang jelas," jelas Al DiGuido, CEO Zeta Interaktif, pemasaran digital dan perusahaan konsultan New York City.

"Dunia sudah berubah menjadi digital. Pola konsumsi media telah berubah selamanya, karena lebih dari 50 persen orang dewasa online internet setiap hari; 90 juta membaca berita di Internet setiap minggu; 79 persen mencari produk di internet; 75 persen membeli secara online; dan 92 persen memeriksa e-mail. "

“Angka-angka tersebut adalah bukti dramatis bahwa marketing media cetak tradisional harus mengubah cara mereka melakukan bisnis untuk bertahan hidup,” kata DiGuido. "Itu berarti strategi media cetak harus ditambah dengan alternatif online. Tidak ada pilihan lain."

Untuk membuktikan pendapatnya, DiGuido mengutip statistik menarik yang disusun oleh perusahaannya:

Pembaca majalah dan surat kabar penurunan. Konsumen semakin banyak yang bermigrasi online. Lebih dari 600 majalah gulung tikar dari Januari '08 sampai Februari '09, dan sirkulasi surat kabar rata-rata turun lebih dari 7 persen.

Bisnis periklanan telah bergeser ke saluran digital. Permintaan pengiklan adalah transparansi dalam penargetan dan pelaporan. Pendapatan iklan surat kabar AS jatuh ke rekor 17,7 persen pada 2008, dan pendapatan iklan majalah menurun secara mengejutkan 21 persen pada kuartal pertama tahun 2009 dibandingkan dengan kuartal pertama 2008.

Biaya pencetakan, kertas dan pengiriman seperti paku berduri. Untuk pertama kalinya, pengeluaran pada surat langsung menurun pada 2008, dan tren ini diperkirakan akan terus berlanjut pada tahun 2009.

Masa Depan yang Jelas

Seperti yang dilihat DiGuido, "Pada akhir 2009, diperhitungkan akan ada 8.000 edisi majalah digital dengan lebih dari 31.500.000 pelanggan."

Sementara masalah-masalah semakin jelas dan solusi tampak nyata, sebagian besar para pengambil keputusan media cetak tergantung pada paradigma usang. Mereka mengalami kesulitan merangkul model bisnis baru. [et/lsn/er/]

sumber : [www.hidayatullah.com
]
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BERITA -BERITA PILIHAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger